Penyaluran BPNT dan Non PKH Desa Kedungsari

  Pengasih(kecpengasih)—Pemrintah sangat serius dalam memerangi dan mengurangi kemiskinan serta ketimpangan, hal ini diwujudkan dengan meningkatkan anggaran bantuan sosial maupun perluasan target sasaran.

  Bantuan Pangan Non Tunai adalah merupakan program bantuan pangan dari Pemerintah yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) setiap bulan melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang digunakan hanya untuk membeli pangan di Elektronik Warung Kelompok Usaha Bersama Program Keluarga Harapan (E-Warung KUBE PKH) yang bekerja sama dengan Bank Himbara (Mandiri, BNI, BRI, dan BTN). Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran Keluarga penerima bantuan serta memberikan nutrisi yang lebih seimbang secara tepat sasaran dan tepat waktu.

  Keputusan penyaluran bantuan sosial secara nontunai dengan menggunakan sistem perbankan dimaksudkan untuk meningkatkan efektivitas program dan agar penyalurannya lebih tepat sasaran, di samping untuk mendorong keuangan insklusif di kalangan masyarakat akar rumput.

  Dalam Penyaluran Bantuan Dana Non Tunai mengacu pada mudah dijangkau dan digunakan oleh Keluarga Penerima Manfaat, Memberikan banyak pilihan dan terkendali pada penerima dalam memanfaatkan bantuan, kapan dan berapa banyak bahan pangan yang dibutuhkan. Selain itu juga bebas memilih jenis dan kwalitas bahan pangan berdasarkan preferensi yang telah ditetapkan dalam program ini, mendorong usaha eceran rakyat agar dapat melayani penerima bansos. Memberi akses jasa keuangan pada KPM.

  Program Keluarga Harapan (PKH) adalah merupakan program perlindungan sosial melalui pemberian uang tunai kepada Keluarga Sangat Miskin (KSM) selam keluarga tersebut memenuhi kewajibannya. Program Keluarga Harapan (PKH) diharapkan dapat mengubah perilaku Keluarga Sangat Miskin Untuk memeriksakan ibu hamil/nifas/balita ke fasilitas kesehatan dan mengirimkan anak ke sekolah serta fasilitas pendidikan.

  Senin (04-03-2019) di balaidesa Kedungsari Kecamatan Pengasih telah berlangsung Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) yang disalurkan melalui rekening Bank BNI. Dalam acara Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) dibalaidesa Kedungsari Kecamatan Pengasih Bhabinkamtibmas dan Babinsa ikut membantu dalam pelaksanaan penyaluran bantuan tersebut.

  Pelaksanaan Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) setiap KK menerima bantuan sebesar Rp 110.000,- ditransfer melalui Rekening Bank BNI serta langsung dibelanjakan beras sebanyak 8 kg dan telor 1,5 kg diwarung Pengasih 46 Pengasih VI, dengan No. Agen BNI 228162414.

  “Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) setiap bulan menerima beras sejumlah 8 kg dan setiap KK menerima bantuan sebesar Rp 110.000,- yang ditransfer melalui Rekening bank BNI. Peneriman BPNT adalah seluruh penerima PKH dan Non PKH,” ucap salah seorang  petugas PKH Desa Kedungsari.

  Warga yang menerima bantuan PKH dan Non PKH sebanyak 460 orang dengan rincian sebagai berikut penerima PKH 345 dan Non PKH 115 orang. Jumlah tersebut berasal dari Sembilan (9) pedukuhan wilayah Desa Kedungsari Kecamatan Pengasih meliputi Pedukuhan Karongan 31/12, Pedukuhan Karangasem 29/7, Pedukuhan Ngramang 38/10, Pedukuhan Kalinongko 44/20, Pedukuhan Milir 37/8, Pedukuhan Cumetuk 32/17, Pedukuhan Kradenan 48/12, Pedukuhan Gletak 47/12, Pedunkuhan Kedongsogo 38/17.

  Dalam pelaksanaan Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) di balaidesa Kedungsari Kecamatan Pengasih berjalan dengan lancar dan aman.