Rapat Pleno DPTb2 PPS Desa Pengasih

  Pengasih(kecpengasih)—Rapat adalah merupakan alat media komunikasi kelompok yang bersifat tatap muka dan sangat penting, diselenggarakan oleh banyak organisasi baik swasta maupun pemerintah untuk mendapatkan mufakatdengan melalui musyawarah untuk mengambil keputusan.

  DPTb (Daftar Pemilih Tambahan) adalah merupakan para pemilih yang sebenarnya sudah terdaftar dalam DPT namun menggunakan hak pilihnya di TPS berbeda. Biasanya mereka yang berada dirumah sakit, dan orang-orang tidak dapat meninggalkan pekerjaan, sehingga tidak memungkinkan memilih dilokasi TPS dimana mereka tinggal seperti penyandang disabilitas panti sosial, menjalani rehabilitas narkoba, tahanan, siswa atau mahasiswa yang jauh dari rumah, pindah domisili, dan korban bencana.

  Minggu (03-03-2019) di warung bakmi Pak Sugeng (Sebelah Barat KUD) Desa Pengasih pukul 19.30 WIB telah berlangsung acara Rapat Pleno DPTb2 PPS Desa Pengasih. Hadir dalam rapat tersebut Sekretaris PPK Kecamatan Pengasih (Drs. A. Untung Subagiya, MM), Kasi Pemerintahan Desa Pengasih (Priyo Haryono), Kaur Umum Desa Pengasih (Suparwanta), Dukuh Dayakan Desa Pengasih (Kelik Sutamto), Perwakilan Panwascam Kecamatan Pengasih, Ketua PPS Desa Pengasih (Edy Haryanto), dan Bhabinkamtibmas Desa Pengasih.

  Ketua PPS Desa Pengasih (Edy Haryanto) menyampaikan bahwa untuk pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019 ada perbedaan dengan pemilu sebelumnya dimana untuk pemilihan legislatif dan pemilihan Presiden /Wakil Presiden dilaksanakan bersamaa. Nantinya dalam setiap TPS ada 5 (lima) kotak suara untuk pemilihan Presiden/Wakil Presiden, DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten serta DPD. Rekap Daftar Pemilih Tambahan (DPTb2) wilayah Desa Pengasih mencakup masuknya berapa keluarnya berapa. Rapat Pleno mala mini menampilkan jumlah pemilih masih ada kemungkinan besok ada tambahan lagi. Bahwa di Desa Pengasih membuka koliner di Kampus UNY tercatat ada 55 pemilih. Untuk pengurusan A5 batasan terakhir pada H-30 dasarnya pakai Surat edaran dari KPU. Pemiu tahun 2019 untuk E-KTP sekarang hanya bisa mencoblos diwilayah asal dan hanya bisa dilayani KTP setempat.

  “Terkait dengan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) kita ikuti saja prosedur dari KPU. Untuk mengurus A5 diharapkan agar segera disosialisasikan kepada warganya. Diharapkan komunikasi antar TPS dengan baik. Selasa dan Rabu masih ada Bimtek terkait dengan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 agar supaya persepsi dan tindakan sama. DPT menjadikan hal yang paling pokok karena DPT ini merupakan data yang diawali dari Desa/Kelurahan. Apabila dari awal data tidak sinkron maka seterusnya sampai hasil pemungutan akan bermasalah. Kami berharap kepada semua penyelenggara Pemilihan Umum Tahun 2019 jadilah panitia yang berintegritas dan memiliki komitmen dalam melaksanakan Pemilihan Presiden/Wakil Presiden, DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten serta DPD dengan baik. PPK dan PPS aktif dalam melakukan koordinasi kepada semua pihak dan bekerja sesuai dengan amanah KPU. Harapan Pemerintah Kecamatan Pengasih pelaksanaan Pemilu Tahun 2019 ini berjalan kondusif tanpa hambatan apapun dan semoga semua masyarakat sadar serta ikut berpartisipasi dalam menyalurkan hak politiknya,” ucap Sekretaris PPK Kecamatan Pengasih (Drs. A. Untung Subagiya, MM).

  Penetapan DPTb yang masuk dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019 dengan pemilih masuk yang mengurus didaerah asal sebanyak 1 pemilih dengan rincian pemilih laki-laki berjumlah 1 pemilih dan pemilih perempuan berjumlah 0 pemilih tersebar di 1 TPS. Pemilih masuk yang mengurus didaerah tujuan sebanyak 55 pemilih dengan rincian pemilih laki-laki berjumlah 26 pemilih dan pemilih perempuan berjumlah 29 pemilih tersebar di 12 TPS.

  Sedangkan jumlah DPT yang keluar mengurus didaerah asal sebanyak 2 pemilih dengan rincian pemilih laki-laki berjumlah 0 pemilih dan pemilih perempuan berjumlah 2 pemilih tersebar di 2 TPS. Pemilih keluar yang mengurus didaerah tujuan sebanyak 12 pemilih dengan rincian pemilih laki-laki berjumlah 5 pemilih dan pemilih perempuan berjumlah 7 pemilih tersebar di 10 TPS.

  Diakhir rapat pleno dilakukan penanda tangan Berita Acara (BA) Nomor: 022/PPS-PGS/III/2019 tentang Rapat Pleno Terbuka Penyusunan dan Rekapitulasi Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) Tingkat Desa Dalam Pemilihan Umum Tahun 2019, serta penyerahan Berita Acara tersebut kepada PPS Desa Pengasih, Sekcam Kecamatan Pengasih (Drs. A. Untung Subagiya, MM), Panwascam Kecamatan Pengasih, dan Bhabinkamtibmas Desa Pengasih.