Sosialisasi Padat Karya di Pedukuhan Girinyono Desa Sendangsari Kecamatan Pengasih

  Pengasih (kecpengasih)—Padat Karya adalah merupakan kegiatan pemberdayaan keluarga miskin, pengangguran dan keluarga dengan balita gizi buruk yang bersifat produksi berdasarkan pemanfaatan sumber daya alam, tenaga kerja dan tehnologi lokal dalam rangka mengurangi kemiskinan dan meningkatkan pendapatan serta menurunkan angka stunting.

  Padat karya diharapkan dapat pula membangun kekuatan kebersamaan, keswadayaan gotong-royong dan partisipasi masyarakat. Padat karya berbasis pada pengelolaan sumberdaya lokal dan harus mampu meningkatkan produktivitas, pendapatan dan dya beli masyarakat desa sekaligus mengurangi jumlah penganggur dan setengah penganggur. Padat karya juga harus bisa mengurangi beban keluarga miskin dan keluarga dengan balita bergizi buruk yang masih banyak terdapat di wilayah-wilayah desa.

  Dampak Padat Karya juga mampu menciptakan kemudahan bagi masyarakat desa menjangkau pelayanan dasar dan memudahkan mereka mejalankan kegiatan sosial ekonomi. Padat Karya juga diharapkan bisa mengerem arus urbanisasi dan migrasi.

  Sifat padat karya adalah swakelola yakni mengutamakan tenaga kerja dan material desa yang berasal dari desa setempat sehingga mampu menyerap tenaga kerja local dan meningkatkan pendapatan masyarakat desa.

  Jumat (01-03-2019) di Rumah Dukuh Girinyono Desa Sendangsari Kecamatan Pengasih telah berlangsung acara Sosialisasi Padat Karya tentang cor blok jalan. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Depnaker DIY, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kulon Progo, Staf Ekobang Kecamatan Pengasih ( Heru Winarta, SE), Kades Sendangsari (Suhardi), BPD Desa Sendangsari, LPMD Desa Sendangsari, DPRD Kabupaten Kulon Progo (Suhermanto), DPRD Propinsi DIY (Nursasmito).

  Dalam sambutan Dapnaker DIY menyampaikan bahwa dengan Padat karya ini bertujuan agar pekerjaan fisik harus lebih berkualitas baik juga bisa menyentuh langsung pada warga yang memeang memerlukan tambahan penghasilan. Memanfaatkan sumber alam yang ada dikerjakan warga sekitar agar biar lebih terasa dana desa tersebut menyentuh lapisan warga dengan bekerja dan mendapatkan upah dari hasil kerja.

  “Tujuan dari padat karya Pemberdayaan terhadap masyarakat, memperluas lapangan kerja, mengurangi pengangguran, memperlancar transportasi masyarakat, menunjang pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan masyarakat baik jangka pendek maupun jangka panjang. Selain secara umum padat karya bertujuan untuk mengurangi angka kemiskinan, terutama bagi masyarakat. Padat Karya diwilayah Pedukuhan Girinyono Desa Sendangsari Kecamatan Pengasih jenis pekerjaan cor blok jalan (penuh /2 jalur) dengan ketebalan 0,10 m, dan campuran bahan 1 : 3 : 5. Dengan rencana lama pekerjaan 18 hari kerja.,”ucap Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kulon Progo.

  Dengan adanya acara Sosialisasi Padat Karya diharapkan warga masyarakat Dusun Girinyono bisa memahami kehadiran program/kegiatan terutama maksud dan tujuannya sehingga masyarakat dapat termotivasi untuk berperan serta ikut terlibat kegiatan dengan menyediakan tenaga sesuai dengan ketentuan sehingga bisa mengurangi angka pengangguran sekaligus menyediakan infrastrutuk bisa terwujud.

  Acara Sosialisasi Padat Karya di Pedukuhan Girinyono Desa Sendangsari Kecamatan Pengasih berjalan dengan aman dan lancar.