Monev Tertib Administrasi PKK se Eks Tuti Tengah (Kec. Pengasih, Sentolo, Kokap, dan Lendah)

  Pengasih (kecpengasih)—Tim Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Kulon Progo Ibu Mae selaku Sekretaris II TPPKK Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan monitoring dan evaluasi (monev) Tertib Administrasi PKK se Eks Tuti Tengah (Kec. Pengasih, Sentolo, Kokap, dan Lendah), senin 25 Februari 2019 bertempat di gedung Serbaguna Kecamatan Pengasih pukul 09.00 WIB.

  Turut hadir Sekretaris II TPPKK Kabupaten Kulon Progo (Ibu Mae), Tim Monev TP PKK Kabupaten Kulon Progo, Camat Pengasih (Ir. Aspiyah, M.Si), Ketua TP PKK Kecamatan Pengasih (Domingas, ARS, SIP), TP PKK dari Kecamatan Lain eks Tuti Tengah (Kec. Pengasih, Sentolo, Kokap, dan Lendah).

  Dalam acara Monev Tertib Administrasi PKK se Eks Tuti Tengah (Kec. Pengasih, Sentolo, Kokap, dan Lendah) serta ada komitmen dan yel-yel dari TP PKK Kecamatan Pengasih yakni : TP PKK Kecamatan Pengasih bertekad melakukan pendidikan kepada ibu-ibu agar terampil dalam mendampingi keluarga. Guna memberikan semangat juga disampaikan yel-yel dari TP PKK Kecamatan Pengasih sebagai berikut “PKK PENGASIH TANGGUH, BERDAYA DAN BERKUALITAS, YES….YES…..YES…

  Monev Tertib Administrasi PKK se Eks Tuti Tengah (Kec. Pengasih, Sentolo, Kokap, dan Lendah)Diselenggarakan bertujuan untuk untuk menilai administrasi PKK eks Tuti Tengah tersebut dalam rangka mempersiapkan monev tertib administrasi PKK dari TP PKK tingkat DIY tahun 2019 yang diselenggarakan sekitar bulan Maret s/d April 2019.

  Dalam sambutannya Camat Pengasih (Ir Aspiyah, M.Si) menyampaikan dan mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kehadirannya, kebersamaan dalam mempersiapkan acara Monev Tertib Administrasi PKK se Eks Tuti Tengah (Kec. Pengasih, Sentolo, Kokap, dan Lendah). TP PKK Kecamatan Pengasih pembinaan dilakukan setiap bulan mulai dari Pokja I s/d Pokja IV mengisi kegiatan pertemuan PKK tersebut. Salah satu kunci keberhasilan dalam TP PKK adalah tertib administrasi dengan mencatat apa saja yang telah dilakukan namun masih banyak yang harus ditata dan dibenahi bersama. Tertib administrasi adalah salah satu unsur penting dalam pelaksanaan 10 program PKK. Supaya tercipta tertib administrasi PKK yang baik maka diperlukan perhatian dan penanganan khusus yang berjenjang mulai dari tingkat Dasawisma hingga Kabupaten. Namun lebih dari itu, TP-PKK desa sebagai salah satu lembaga kemasyarakatan desa juga perlu berperan aktif dalam penyusunan, perencanaan, pelaksanaan, serta pengawasan pembangunan di desa.

  Camat Pengasih (Ir. Aspiyah, M.Si) berharap dengan adanya monev tertib administrasi PKK ini semoga kedepannya bisa membuat semangat para kader PKK dalam melakukan pelaksanaan tertib administrasi dan membawa hasil kegiatan yang maju bagi PKK Kecamatan Pengasih.

  “Monev tertib administrasi TP PKK ini penting karena untuk mengetahui sejauh mana kegiatan-kagiatan yang telah dilakukan dicatat secara tertib, inilah salah satu kunci keberhasilan TP PKK yang ada. Dalam kesempatan ini juga dilakukan pembagian tugas Tim dalam monev tertib administrasi yakni : Pokja I meliputi Ibu Didik, Ibu Mei, dan Ibu Rini W, untuk Pokja II meliputi Ibu Harminah. Pentingnya dilaksanakan monev bulan Februari ini oleh TP PKK Kabupaten Kulon Progo karena dalam rangka mempersiapkan pada bulan sekitar maret – April 2019 akan dilaksanakan Monev tertib administrasi dari Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), “ucap Ibu Mae (Sekretaris II TPPKK Kabupaten Kulon Progo).

  Kegiatan dilanjutkan dengan secara teknis Tim melakukan pembagian kerja tersebut ke pokja-pokja dengan administrasinya yang akan dimonev yang telah dipersiapkan.

  Dalam acara kegiatan Monev Tertib Administrasi PKK se Eks Tuti Tengah (Kec. Pengasih, Sentolo, Kokap, dan Lendah) juga ada pesan dan kesan sebagai berikut : apresiasi ibu-ibu yang telah mendukung administrasinya dari tingkat desa-desa, pencatatan hendaknya dimulai dari tingkat Dasawisma seperti buku tamu, daftar hadir, buku bantu serta buku wajib diadministrasikan seperti data warga, kegiatan warga serta laporannya, sehingga administrasi tersebut disusun secra berjenjang.