EKSPOS HASIL SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT TAHUN 2018

  Pengasih (kecpengasih)-Survei Kepuasan Masyarakat adalah merupakan pengukuran secara komprehensif kegiatan tentang tingkat kepuasaan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran atas pendapat masyarakat. Dengan melalui survey ini diharapkan dapat mendorong partisipasi masyarakat sebagai pengguna layanan dalam menilai kinerja penyelenggara pelayanan serta mendorong penyelenggara pelayanan publik untuk meningkatkan kualitas dan melakukan pengembangan melalui inovasi-inovasi pelayanan publik.

   Survei Kepuasan Masyarakat harus dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan publik secara berkelanjutan sebagai dasar peningkatan kualitas dan inovasi pelayanan publik dengan jangka minimal satu tahun sekali. Hasil survey tersebut kemudian dipublikasikan kepada masyarakat melalui media massa website, dan media sosial baik dalam bentuk skoring/angka absolut atau dapat pula disajikan dalam kualitatif (baik atau buruk).

   Rabu (27-02-2019) pukul 09.30 WIB di ruang Sermo ( Kantor Bupati Kabupaten Kulon Progo) telah berlangsung acara Ekspos Hasil Survey Kepuasan Masyarakat Tahun 2018, dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kulon Progo, Kepala OPD Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Kepala Bagian Organisasi Sekda Kabupaten Kulon Progo, Camat Pengasih (Ir. Aspiyah, M.Si) beserta 12 Camat se Kabupaten Kulon Progo, UPTD Puskesmas se Kabupaten Kulon Progo, dan tamu undangan.

   Dalam sambutannya Ketua Penyelenggara ( Sarji, SIP, MAP) selaku Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Kulon Progo menyampaikan bahwa Laporan penyelenggara peran publik wajib survey ini dilaksanakan setahun sekali. Hasil Survey Kepuasan Masyarakat akan dipublikasikan seluruh masyarakat. Pelaksanaan Survey Kepuasaan Masyarakat dilaksanakan pada bulan Juni s/d Juli Tahun 2018, dan pada bulan November s/d Desember tahun 2018. Untuk petugas Survey Kepuasan Masyarakat dilaksanakan oleh 14 personil non PNS serta untuk petugas entri data dilaksanakan oleh 8 personel PNS. Survey Kepuasaan Masyarakat dilakukan di 21 Puskesmas dan 12 Kecamatan diwilayah Kabupaten Kulon Progo, serta indeks kepuasan masyarakat merupakan indicator penilaian dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kulon Progo. Mulai tahun 2017 masyarakat bisa mengakses informasi Pemerintah Daerah Kabupaten Kulon Progo melalui jaringan on line.

   Adapun hasil Survey Kepuasan Masyarakt Kategori Kecamatan yakni urut nomr satu Kecamatan Panjatan dengan nilai 90,823 (sangat baik), nomot urut dua Kecamatan Pengasih dengan nilai 89,2 (sangat baik), dan nomor urut tiga Kecamatan Temon dengan nilai 87,8 (baik) sedangkan untuk kategori Unit Pelaksana Teknis Kesehatan dengan hasil yakni nomor urut satu Puskesmas Nanggulan, nomot urut dua Puskesmas I Pengasih serta nomor urut tiga Puskesmas Sentolo II. Untuk Kategori Perangkat Daerah Kabupaten Kulon Progo diraih dengan nomor satu yakni Dukcapil Kabupaten Kulon Progo, Nomor Dua Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kabupaten Kulon Progo, serta nomor tiga RSUD Wates. Penyarahan piagam diserahkan oleh Drs Djulistyo (Plt Asisten Administrasi Umum / Asisten III Setda kabupaten kulon Progo).

   "Penilaian ini hanyalah potret sesaat, yang terpenting adalah kita tidak boleh berhenti disin dalam pelayanan masyarakat. Sarana dan prasarana setiap pelayana pasti masih kurang. Tang terpenting bagaiman kita memaksimalkan dalam pelayanan tersebut. Tutupi kekurangan tersebut, missal contohnya seperti dikota Surabaya. Pelayanan perizinan biasanya selesai satu minggu mereka tutupi kekurangan tersebut dengan pelayanan yang lain missal dengan jika sudah selesai berkas kita antar gratis ketempat orang tersebut. Dengan dilakukannya survey kepuasan masyarakat ini semoga dapat memberikan timbal balik buat kita untuk lebih meningkatkan pelayanan. Selain itu Survey Kepuasan Masyarakat mengharapkan partisipasi aktif masyarakat untuk memberikan umpan balik dan penilaian terhadap kinerja perangkat daerah atas layanan yang diberikan sehingga perangkat daerah dan aparatur dapat mencipatakan inovasi dalam pelayanan," ucap Drs. Djulistyo selaku Plt Asisten Administrasi Umum (Asisten III) Setda Kabupaten Kulon Progo.

   Dalam acara Ekspos Hasil Survey Kepuasan Masyarakat Tahun 2018 di ruang sermo Kantor Bupati Kabupaten Kulon Progo berjalan dengan lancar dan aman.