LAUNCHING GERAKAN SAPTA PESONA MENUJU SENDANGSARI SEBAGAI DESA WISATA TOGA, SENI, DAN BUDAYA

  Pengasih(kecpengasih)-Sapta pesona adalah merupakan jabaran konsep sadar wisata yang terkait dengan dukungan serta peran masyarakat sebagai tuan rumah dalam upaya untuk mencipatakan lingkungan dan upaya suasana kondusif yang mampu memdorong tumbuh dan berkembangnya industri pariwisata melalui perwujudan tujuh unsur dalam sapta pesona.

  Sapta Pesona dilambangkan dengan Matahari yang bersinar sebanyak 7 buah yang terdiri dari atas unsur ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramahan dan kenangan. Program Sapta Pesona diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran, rasa tanggung jawab segenap lapisan masyarakat, baik Pemerintah, Swasta maupun masyarakat luas untuk mampu bertindak dan mewujudkannya dalam kehidupan sehari hari.

   Sapta Pesona merupakan kondisi yang harus diwujudkan dalam rangka menarik minat wisatawan berkunjung kesuatu daerah atau wilayah di Negara Kita.

   Sabtu (23-02-2019) di PT Naturindo telah berlangsung acara Launching Gerakan Sapta Pesona Menuju Desa Sendangsari Sebagai Desa Wisata Toga, Seni, dan Budaya pada pukul 11.00 WIB. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Camat Pengasih (Ir. Aspiyah, M.Si), Perwakilan Koramil Pengasih, Perwakilan Polsek Pengasih, Kepala Desa Sendangsari (Suhardi) beserta perangkatnya, Ibu-ibu PKK se-desa Sendangsari Kecamatan Pengasih, Ketua Desa Wisata Sendangsari (Mulyono), Ketua DPC Barisan Muda PAN (Agus Sugiharto), dan Manajer Marketing PT Naturindo (Arif Rudianto).

   Dalam acara Launching Gerakan Sapta Pesona Menuju Desa Sendangsari Sebagai Desa Wisata Toga, Seni, dan Budaya juga diumumkan hasil lomba Tanaman Obat Keluarga (Toga) se-Desa Sendangsari yang telah disosialisasikan pada pertengahan Bulan Januari 2019 serta lomba Tanaman Obat Keluarga (Toga) se-Desa Sendangsari dilaksanakan pada tanggal 1 Februari 2019 serta penilaian lomba dilakukan pada tanggal 22 januari 2019 dengan Tim Juri dari PT Naturindo serta melibatkan elemen Pemerintahan melalui BLH Kabupaten Kulon Progo dan DIY. Tujuan dilaksanakan Lomba Tanaman Obat Keluarga (Toga) se-Desa Sendangsari adalah untuk jangka panjang yakni untuk mewujudkan Desa Sendangsari Kecamatan Pengasih sebagai Icon tanaman Toga di tahun mendatang. Penilaian Lomba Tanaman Obat Keluarga (Toga) se-Desa Sendangsari meliputi aspek lokasi, estetika, keanekaragaman tanaman, kesuburan toga, aspek konsep taman, managemen perawatan, jumlah spot lokasi (titik toga) dan kreatifitas.

   Dalam sambutannya Manajer PT Naturindo (Arif Rudianto) menyampaikan bahwa PT Naturindo telah menerima "Kehati Award" dari BLH Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan sekarang maju sebagai Duta DIY ke "Kalpataru Award 2019". Harapan dilaksanakan kegiatan ini dengan tanaman obat (toga) Desa Sendangsari Kecamatan Pengasih yang masih banyak lahan-lahan yang belum tergarap dapat bekerja sama sengan PT Naturindo untuk mengolah tanah tersebut kemudian akan ditanami tanaman obat-obat. Juga disampaikan hasil dari Lomba Tanaman Obat Keluarga (Toga) se-Desa Sendangsari Kecamatan Pengasih yakni sebagai juara satu yakni Pedukuhan Kroco Desa Sendangsari dengan nilai 336, Juara II diraih pedukuhan Gegunung dengan nilai 328 dan juara III diraih pedukuhan Girinyono dengan nilai 323.

   Dihalaman PT Naturindo akan dibuat Etalase-etalase Jamu, dan sejarah tentang Jamu agar dapat menjadikan pelajaran bagi anak-anak yang ingin belajar tentang jamu, sehingga PT Naturindo dapat menjadi Icon Desa Sendangsari.
Desa Sendangsari Kecamatan Pengasih banyak potensi wisata dan inovasi, serta guna mendukung Desa Sendangsari Kecamatan Pengasih sebagai wisata Toga PT Naturindo mengharapkan adanya kebijakan dari Pemerintah Kabupaten Kulon Progo agar supatya di Desa Sendangsari Kecamatan Pengasih digalakkan pembudidayaan tanaman obat keluarga (toga).

   Dalam acara Launching Gerakan Sapta Pesona Menuju Desa Sendangsari Sebagai Desa Wisata Toga, Seni, dan Budaya juga dilaksanakan penyerahan piala kepada para pemenang lomba Tanaman Obat Keluarga (Toga) se-Desa Sendangsari Kecamatan Pengasih oleh Camat Pengasih (Ir Aspiyah, M.Si) dan foto bersama para pemenang Tanaman Obat Keluarga (Toga) se-Desa Sendangsari dengan Camat Pengasih (Ir. Aspiyah, M.Si) dan PT Naturindo (Heri Suryana).