Kapanewon Pengasih Melaksanakan Pemantauan Penyembelihan Hewan Kurban

Bersih - Pada hari Senin, 17 Juli 2024, Kapanewon Pengasih melaksanakan pemantauan penyembelihan hewan qurban di berbagai wilayah Pengasih. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kawat Trantib, Bapak Hartono, S.H., M.Hum., bersama beberapa staf dari Kapanewon Pengasih.

Pemantauan dimulai pukul 09.00 WIB, dengan rute pertama menuju wilayah Sendangsari. Dari sana, tim melanjutkan pemantauan ke Masjid At’Takmir Tunjungan Kalurahan Pengasih. Selanjutnya, mereka mengunjungi Mushola Miftahul Birri Pengasih, Masjid Al-Fatah Kepek Pengasih, Mushola Nurul Hidayah Kembang Margosari, serta beberapa tempat lainnya di wilayah Pengasih.

Tujuan utama dari pemantauan ini adalah untuk memastikan bahwa proses penyembelihan hewan qurban dilakukan sesuai dengan syariat Islam. Hal ini mencakup tata cara penyembelihan yang benar, penggunaan peralatan yang bersih dan higienis, serta memastikan kesejahteraan hewan sebelum dan selama proses penyembelihan.

Dalam kesempatan ini, Bapak Hartono, S.H., M.Hum. menegaskan pentingnya distribusi daging qurban yang tepat sasaran. "Kita ingin memastikan bahwa daging qurban ini benar-benar sampai kepada yang berhak, terutama kepada fakir miskin dan mereka yang membutuhkan," ujar beliau.

Masyarakat di wilayah Pengasih menyambut baik kegiatan pemantauan ini. Banyak yang merasa terbantu dan lebih tenang karena adanya pengawasan dari pihak berwenang, sehingga mereka dapat menjalankan ibadah qurban dengan lebih khusyuk dan tertib.

Dengan pemantauan yang ketat dan terstruktur, diharapkan kegiatan penyembelihan hewan qurban di wilayah Pengasih dapat berjalan dengan lancar, sesuai syariat, serta menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Hal ini menjadi langkah penting dalam menjaga kepercayaan dan kenyamanan masyarakat dalam melaksanakan ibadah qurban setiap tahunnya.