Penanaman 100.000 Pohon di Sendangsari


Bersih - Pada tanggal 5 Juni 2024, dalam rangka Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemerintah Kalurahan Sendangsari bersama Kantor Pertanahan Kabupaten Kulon Progo melaksanakan kegiatan penanaman 100.000 pohon. Kegiatan ini merupakan bagian dari aksi serentak yang dilaksanakan di seluruh Indonesia sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap kelestarian lingkungan.

Acara yang berlangsung di Lumbung Mataraman, Padukuhan Mrunggi, Kalurahan Sendangsari, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo ini dihadiri oleh sejumlah pejabat penting. Hadir dalam acara tersebut adalah Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kulon Progo beserta jajaran, Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMD, Dalduk dan KB), Lurah Sendangsari, Jagabaya Kalurahan Sendangsari, serta Direktur BUMKal Binangun Sendangsari Sendang Artha. Hartono, S.H., M.Hum, hadir mewakili Panewu Pengasih.

Bibit pohon yang ditanam meliputi berbagai jenis pohon buah hortikultura seperti sirsak, jambu air, dan belimbing. Acara ini dimulai pada pukul 08.00 pagi hingga pukul 10.30 WIB dan berlangsung serentak di seluruh Indonesia melalui aplikasi Zoom. Kantor Pertanahan Kabupaten Kulon Progo mengangkat tema "Penyelesaian Krisis Iklim Dengan Inovasi Dan Prinsip Keadilan" dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini.