Panewu Pengasih Buka Bimtek KPPS di Taman Budaya Kulon Progo

Panewu Pengasih, Drs. Hera Suwanto, MM, menghadiri pembukaan bimtek atau bimbingan teknis KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) di Taman Budaya Kabupaten Kulon Progo pada hari Rabu, 26 Januari 2024. Acara tersebut juga dihadiri oleh  Ketua Panwaslu Kapanewon, Polsek Pengasih, Koramil pengasih serta para peserta bimtek dari berbagai kalurahan se-Kapanewon Pengasih.

Dalam sambutannya, Panewu Pengasih mengucapkan selamat kepada para peserta bimtek yang terpilih sebagai anggota KPPS untuk Pemilihan Umum 2024. Ia berharap bahwa bimtek ini dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai penyelenggara pemilu di tingkat TPS. Ia juga mengingatkan para peserta bimtek untuk menjaga netralitas, integritas, dan profesionalisme dalam mengawasi jalannya pemilu.

Bimtek KPPS adalah kegiatan pelatihan yang wajib diikuti oleh seluruh anggota KPPS dalam rangka mempersiapkan diri untuk terlibat dalam Pemilihan Umum 2024. Bimtek KPPS bertujuan untuk menyampaikan informasi dan pengetahuan substansi dan teknis kepemiluan, serta melatih dan mendalami keterampilan teknis kepemiluan. Bimtek KPPS di Kapanewon Pengasih berlangsung mulai tanggal 26 Januari hingga 28 Januari 2024 yang terbagi dengan beberapa kalurahan.

Pelaksanaan bimtek KPPS ini merupakan salah satu tahapan penting dalam rangkaian Pemilihan Umum 2024. Dengan adanya bimtek KPPS, diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilu di tingkat TPS. KPPS bertugas untuk mengawasi seluruh tahapan pemilu di TPS, mulai dari persiapan, pencoblosan, penghitungan, hingga rekapitulasi suara.