Peringatan Sumpah Pemuda ke-95 di Kapanewon Pengasih: Bersama Majukan Indonesia

Bersih - Kapanewon Pengasih merayakan peringatan Sumpah Pemuda yang ke-95 dengan upacara megah di halaman Kapanewon pada Sabtu, 28 Oktober 2023. Acara ini dihadiri oleh seluruh forkompinkap, kepala OPD sekapanewon Pengasih,  guru, dan perwakilan murid SMK/SMA, SMP, dan SD di wilayah Kapanewon Pengasih.

Inspektur upacara adalah Panewu Pengasih, Drs. Hera Suwanto, MM, sementara petugas upacara dipercayakan kepada petugas PKH(Program Keluarga Harapan). Dalam sambutan bupati yang dibacakan oleh Panewu Pengasih, diungkapkan bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928, para pemuda Indonesia dari berbagai daerah berkumpul untuk mengucapkan ikrar yang kemudian dikenal sebagai Sumpah Pemuda.

Panewu Pengasih juga menekankan bahwa Sumpah Pemuda ini mewariskan nilai-nilai persatuan, di mana meskipun bangsa Indonesia memiliki beragam budaya dan perbedaan, semangat Bhineka Tunggal Ika, yang berarti "Berbeda tapi tetap satu," mampu menyatukan mereka.

Tema Sumpah Pemuda tahun ini adalah "Bersama Majukan Indonesia," yang diharapkan akan menginspirasi generasi muda untuk terus bekerja sama dalam memajukan negara ini.