RAPAT KOORDINASI FORKOMPINKAP PERDANA TAHUN 2023

Bersih- Selasa (10/1) Kapanewon Pengasih melaksanakan agenda  Rapat Koordinasi rutin bulanan bertempat  di Pendopo Kapanewon Pengasih. 
Rakor perdana di tahun 2023 ini dihadiri oleh Forkompinkap Pengasih diantaranya Panewu Pengasih Drs. Hera Suwanto, MM Kapolsek Pengasih Bapak Sumalugi S.H., M.H. Koramil Pengasih diwakili oleh Peltu Wiradal, Batituud Koramil 11, Puskesmas Pengasih I&II, Lurah Se-Kapanewon Pengasih, dan juga BPP Pertanian Pengasih beserta OPD terkait di wilayah kapanewon Pengasih.


Rakor dimulai pukul 09.00 WIB diawali dengan pembacaan susunan acara oleh Panewu Anom Bapak Raden Agus Supriyanta, S.IP. Acara selanjutnya sambutan Panewu Pengasih Drs. Hera Suwanto, MM menyampaikan bahwa IKD (Identitas Kependudukan  Digital) sudah di launching dan bagi masyarakat yang menginginkan IKD dapat langsung datang ke kantor Pelayanan Kapanewon Pengasiih. Panewu Pengasih juga menyampaikan terkait identitas kependudukan bahwa saat ini blangko E-KTP habis dan mulai ada lagi sekitar bulan Februari. Habisnya blangko E-KTP tidak hanya di Pengasih saja namun di semua Kapanewon se Kabupaten Kulon Progo, sehingga sementara bagi masyarakat yang sedang mengurus E-KTP baik itu baru ataupun perubahan akan diberikan surat keterangan.


Selanjutnya Panewu Pengasih dalam sambutannya menyampaikan  bahwa PPKM saat ini sudah resmi dicabut oleh pemerintah sehingga masyarakat sudah boleh melakukan aktifitas seperti biasanya, hiburan dan lain-lain sudah boleh digelar namun tetap mengurus ijin ke Fihak Kepolisian sesuai kewenangannya untuk mengantisipasi danya gangguan kamtibmas. Panewu Pengasih tetap berharap bahwa dengan dicabutnya PPKM ini masyarakat tetap harus waspada, menggunakan masker, mencuci tangan dan mematuhi protocol kesehatan sehingga kondisi zero covid 19 di kapanewon Pengasih bisa dipertahankan dan tidak akan muncul lagi wabah virus seperti tahun-tahun kemarin. Meskipun PPKM telah dicabut oleh pemerintah berkaitan dengan Satgas Covid belum bisa dibubarkan, ini berguna untuk mengantisipasi apabila nantinya tejadi peningkatan penderita covid kembali. Panewu Pengasih berpesan bahwa dalam menjalankan rapat-rapat apabila di ruangan tertutup tetap menggunakan masker.
Panewu Pengasih di akhir sambutannya menyampaikan tentang lomba desa, bahwa pada tahun 2023 ini yang mendapat giliran untuk maju lomba desa adalah Kalurahan Sidomulyo. Setelah sambutan PAnewu, acara dilanjutkan dengan paparan materi oleh Panewu Anom dan informas dari para Kepala jawatan, diskusi dan tanya jawab oleh semua peserta rapat terkait permasalahan di OPD masing-masing.
Aara berjalan lancar, aman, dan tertib hingga pukul 12.00 WIB.