Sosialisasi Bela Negara dengan Sinau Pancasila & Wawasan Kebangsaan

Bersih- Jum’at (16/12) di Pendopo Kapanewon Pengasih telah dilaksanakan Sosialisasi Bela Negara yang di selenggarakan oleh Kesbangpol DIY sesuai dengan Perda DIY Nomor 1 Tahun 2022 tentang Sinau Pancasila & Wawasan Kebangsaan. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Panewu Pengasih Bapak Drs. Hera Suwanto, MM. Kabid Kesbinwasnas DIY Bapak Djulianto, sedangkan narasumber adalah Bapak Dr. Greg. Sri Nurhartanto, S.H.,LL.M, Bapak Joko Triharmanto,  dan Bapak Diasma Sandi Swandara. Panewu Pengasih bertindak selaku moderator. Peserta dari acara tersebut diambil dari beberapa perwakilan siswa dari Man Wates 1, SMK 1 Pengasih, SMK 2 Pengasih dan SMA Pengasih dengan jumlah 10 siswa per sekolahan, dengan pendamping guru dari masing-masing sekolah.

 


Bela Negara adalah sebuah konsep yang disusun oleh perangkat perundangan dan petinggi suatu negara tentang patriotisme seseorang, suatu kelompok atau seluruh komponen dari suatu negara dalam kepentingan mempertahankan eksistensi negara tersebut. Setiap warga negara juga memiliki kewajiban yang sama dalam masalah pembelaan negara. 


Kabid Kesbinwasnas dalam sambutannya menyampaikan terkait bahaya kejahatan seperti terorisme dan sebagainya itu terjadi karena di dalam hatinya tidak tertanam wawasan kebangsaan. Sehingga perlu ditumbuhkan cinta tanah air. 

 


Selanjutnya  Panewu Pengasih menjelaskan bahwa kondisi Indonesia saat ini sedang tidak baik-baik saja, banyaknya pengaruh dari budaya barat, masuknya terorisme serta pengaruh ideologi yang bertentangan dengan pancasila membuat generasi muda semakin mudah terjerumus. Ditambah dengan kemudahan informasi yang saat ini hanya di genggaman, cukup dengan membuka smartphone sudah dapat mengakses semuanya sehingga perlu adanya filter/penyaringan informasi.  Dengan menanamkan jiwa bela negara melalui kegiatan belajar Pancasila, diharapkan pengaruh-pengaruh yang menyimpang dengan ideologi dapat dicegah dalam diri seseorang.
Acara dilanjut dengan pemaparan materi  dari para narasumber, dilanjutkan tanya jawab dan selesai hingga pukul 11.30 WIB.