PELAKSANAAN PERCEPATAN VAKSINASI KAPANEWON PENGASIH

Pengasih (kap.pengasih)--Vaksinasi Covid-19 adalah merupakan salah satu upaya Pemerintah Indonesia dalam menangani masalah Covid-19. Vaksinasi Covid-19 bertujuan untuk menciptakan kekebalan kelompok ( herd immunity ) agar masyarakat menjadi lebih produktif dalam menjalankan aktivitas keseharian. Masyarakat Indonesia sangat menyambut baik dengan adanya vaksinasi Covid-19 ini.

Vaksinasi sebagai upaya primer yang sangat handal mencegah penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi. Dengan prosedur vaksinasi yang benar diharapkan akan diperoleh kekebalan yang optimal, penyuntikan yang aman dan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KPI) yang minimal. Vaksinasi Covid-19 dilakukan setelah kepastian keamanan dan keampuhannya ada, merupakan upaya untuk menurunkan kesakitan dan kematian dan mendorong terbentuknya kekebalan kelompok (herd imunity). Selain vaksinasi covid-19 bertujuan melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh, juga menjaga produktivitas dan mengurangi dampak sosial dan ekonomi masyarakat.

Untuk mecapai target menjadikan Kabupaten Kulon Progo zona hijau. Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melalui Dinas Kesehatan secara terus menerus dan berkesinambungan melakukan vaksin kepada masyarakat.

Selama dua hari yakni Kamis (07-10-2021) dan Jumat  (08-10-2011) di Komplek Kantor Kapanewon Pengasih berlangsung Pelaksanaan Vaksinasi yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo. Pelaksanaan vaksinasi masih berlanjut untuk vaksinasi dosis ke 2 dan juga masih melayani bagi masyarakat yang untuk vaksinasi dosis ke-1, dengan sasaran masyarakat umum oleh Tim Vaksinasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo yang melibatkan Aparat Pemerintah Kapanewon Pengasih, Polsek Pengasih, Koramil Pengasih, Puskesmas Pengasih 1 dan Puskesmas Pengasih 2 serta melibatkan Pamong Kalurahan se-Kapanewon Pengasih.

Pemberian vaksin ditujukan untuk kalangan masyarakat dengan pembagian umur 12 tahun ke atas sinovac dosis ke-1 dan ke-2, dan masyarakat umum. Pemerintah Kapanewon Pengasih mengajak kepada masyarakat untuk melakukan vaksinasi agar tercapai herd imunity (kekebalan kelompok) dan kegiatan tersebut disambut antusias yang positif dari masyarakat serta dengan harapan agar Covid-19 ini tidak bertambah.

Panewu Pengasih (Triyanto Raharjo, S.Sos.,M.Si) menyampaikan bahwa untuk percepat vaksinasi Covid-19 bagi warga masyarakat sentra vaksinasi di wilayah Kapanewon Pengasih diperluas. Hal ini untuk mempercepat target kekebalan kelompok atau herd immunity terhadap penyakit. Pelaksanaan vaksinasi di Komolek Kantor Kapanewon Pengasih dimulai oada pukul 08.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB. Pemerintah Kapanewon Pengasih sudah menyelenggara pelaksanaan vaksinasi berkali kali dan memberikan apresiasi kepada warga masyarakat Kapanewon Pengasih yang telah berpartisipasi pelaksanaan vaksinasi berjalan dengan lancar, tertib dan tidak mengalami kendala apapun. Dalam pelaksanaan vaksinasi di Komplek Kantor Kapanewon Pengasih dengan hasil capaian vaksinan pada hari Kamis (07-10-2021) untuk pendaftar berjumlah 605 orang, tervaksin berjumlah 550 orang dan yang tertunda berjumlah 55 orang sedangkak pada hari kedua Jumat (08-10-2021) pendaftar berjumlah 700 orang, tervaksin 682 orang dan yang tertunda 18 orang.

Pada kesempatan ini Panewu Pengasih (Triyanto Raharjo, S.Sos.,M.Si) kepada masyarakat tetap melakukan protokol kesehatan agar penyebaran Covid-19 diwilayah Kapanewon Pengasih dapat cepat teratasi serta semua ini dibutuhkan kerjasama yang baik antara Pemerintah Masyarakat, tidak bisa hanya pemerintah saja yang bekerja tetapi harus ada kerjasama dan kesadaran setiap masyarakat untuk mendukung program pemerintah.

Dalam kegiatan pelaksanaan percepatan vaksinasi di Komplek Kantor Kapanewon Pengasih dihadiri oleh Kapolsek Pengasih (Kompol Topo S) beserta anggotanya, Danramil Pengasih (Kapten Inf. Andik Setiawan) beserta Anggotanya, Panewu Pengasih (Triyanto Raharjo, S.Sos.,M.Si) beserta karyawan Kapanewon Pengasih sebagai Panitia Pelaksanaan vaksinasi, Puskesmas Pengasih 1 dan Puskesmas Pengasih 2 serta warga masyarakat Kapanewon Pengasih.

Dalam menghadapai pandemi Covid-19 masyarakat diminta tidak hanya mengandalkan satu intervensi kesehatan saja. Upaya vaksinasi yang dilakukan saat ini tidak semata mata menjadi satu satunya upaya melindungi masyarakat dari penularan covid-19. Vaksinasi tidak akan berhasil apabila tidak diimbangi dengan protokol kesehatan serta harus diingat perlu waktu untuk tubuh kita membentuk antibodi (kekebalan) sehingga siapa pun yang sudah divaksinasi tidak boleh meninggalkan protokol kesehatan (5M) sampai pandemi dinyatakan berakhir. Vaksinasi Covid-19 membawa banyak manfaat tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga bagi banyak orang lain. Oleh sebab itu meskipun banyak beredar isu-isu seputaran vaksin yang belum jelas kebenarannya, kita tidak perlu ragu atau takut untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19.