VISITASI TIM EVALUASI KINERJA (SIJAKA) KAPANEWON PENGASIH

Pengasih (kap.pengasih)--Visitasi adalah merupakan kunjungan Tim dalam rangka pengamatan lapangan, wawancara, verifikasi data pendukung, serta pendalaman hal-hal khusus yang berkaitan dengan komponen dan aspek akreditasi.

Selasa (05-10-2021) di Kapanewon Pengasih kedatangan  kunjungan Tim Visitasi Evaluasi Kinerja (siJaka), hadir dalam kunjungan tersebut dari Administrasi Pemerintah Kabupatan Kulon Progo, Kominfo Kabupaten Kulon Progo, BAPPEDA Kabupaten Kulon Progo, BPMT Kabupaten Kulon Progo, Satpol PP Kabupaten Kulon Progo, disambut oleh Panewu Pengasih (Triyanto Raharjo, S.Sos.,M.Si) dan seluruh Pegawai Kapanewon Pengasih.

Visitasi Evaluasi Kinerja (siJaka) dalam rangka menindaklanjuti amanat Peraturan Pemerintah Nomor : 17 Tahun 2018 tentang Kecamatan. Dalam kegiatan Visitasi Evaluasi Kunerja (siJaka) dengan maksud dan tujuan untuk validasi kegiatan dan dokumen dengan laporan yang diinput di aplikasi siJaka.

Dalam sambutannya Panewu Pengasih (Triyanto Raharjo, S.Sos.,M.Si) menyampaikan dan mengucapkan selamat datang Tim Visitasi Evaluasi Kinerja Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. Selain itu juga mempersilahkan kepada Tim  Visitasi Evaluasi Kinerja untuk melakukan mencocokan data apa yang diinput di aplikasi dengan bukti dukung kegiatan yang ada di Kapanewon Pengasih. Juga mengucapkan terima kasih kepada Tim  Visitasi Evaluasi Kinerja yang telah memberikan bimbingan dan arahan sekaligus evaluasi terhadap PPID Kapanewon Pengasih selama ini sehingga supaya kita mendukung keseriusan dalam Pengelolaan Informasi Publik secara terbuka. Setelah sambutan Panewu Pengasih (Triyanto Raharjo, S.Sos.,M.Si) dilanjutkan dengan Pemaparan keterangan isian Aplikasi siJaka.

Penyampaian Pemaparan Isian Aplikasi siJaka oleh Panewu Pengasih (Triyanto Raharjo, S.Sos.,M.Si) sebagai berikut :

A. PENYELENGGARAAN PELIMPAHAN SEBAGIAN KEWENANGAN BUPATI KEPADA PANEWU

1. Koordinasi

  • Koordinasi pencegahan gizi buruk, stunting pada balita dan upaya penurunan Angka kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB), dan Angka Kematian Balita di wilayah Kapanewon;
  • Koordinasi operasional penanggulangan masalah kesehatan akibat bencana dan wabah penyakit menular dan tidak menular, penyalahgunaan narkotika dan sejenisnya diwilayah Kapanewon;
  • Koordinasi Pendataan Penyehat Tradisional diwilayah Kapanewon;
  • Koordinasi kegiatan bidang pendidikan, kepemudaan dan keolahragaan di wilayah Kapanewon;
  • Koordinasi terkait zonasi pendidikan TK, SD, dan SMP;
  • Koordinasi pengendalian masalah pangan dan penyaluran kepada kelompok rawan pangan diwilayah Kapanewon;
  • Koordinasi pelaksanaan kebijakan pemberdayaan perempuan dan perlindungan perempuan dan anak diwilayah Kapanewon;
  • Koordinasi penyebarluasan informasi tentang program pembangunan du Kapanewon;
  • Koordinasi permasalahan sengketa pertanahan untuk kepentingan umum diwilayah Kapanewon;
  • Koordinasi sosialisasi pendaftaran calon transmigran;
  • Koordinasi peningkatan dan pemakaian produk lokal Kulon Progo, peredaran barang dan jasa, pembinaan usaha industri kecil, tradisional dan rumah tangga diwilayah Kapanewon;
  • Koordinasi pendirian menara telekomunikasi diwilayah Kapanewon;
  • Koordinasi pelaporan pelaksanaan hasil pendataan dan sistem informasi kekerasan perempuan dan anak diwilayah Kapanewon;

2. Pembinaan

  • Koordinasi pencegahan gizi buruk, stunting pada balita dan upaya penurunan Angka kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB), dan Angka Kematian Balita di wilayah Kapanewon;
  • Pembinaan kegiatan gotong royong masyarakat;
  • Pembinaan pemberdayaan masyarakat lainnya;
  • Pembinaan masyarakat dalam peningkatan kesehatan lingkungan;
  • Pembinaan dan koordinasi penyediaan tanaman obat keluarga;
  • Pembinaan dan koordinasi Kelompok Peduli Lingkungan;

3. Fasilitasi

  • Fasilitasi pendataan dan pengawasan sarana dan prasarana Pendidikan Anak Usia Dini;
  • Fasilitasi peningkatan peran serta masyarakat di bidang pendidikan;
  • Fasilitasi Pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal;
  • Fasilitasi rencana, pengadaan, distribusi, pendayagunaan, perawatan sarana prasarana termasuk infrastruktur Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal dan PKBM;
  • Fasilitasi perencanaan, penetapan, pendirian dan penutupan TK, SD, SMP dan PKBM serta melakukan pengendalian terhadap pelaksanaannya;
  • Fasilitasi penyelenggaraan upaya sarana kesehatan;
  • Fasilitasi sosialisasi Peraturan Perundang Undangan;
  • Fasilitasi aktivitas dan pendataan kepemudaan dan keolahragaan;
  • Fasilitasi Pembinaan dan ketahanan keluarga sejahtera, pelaksanaan jaminan dan pelayanan KB dan Kesehatan Reproduksi;
  • Fasilitasi penyuluhan sosial, pencegahan, pendataan, dan pemantauan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dan Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS);
  • Fasilitasi pelaksanaan kegiatan kebudayaan daerah tingkat Kapanewon;
  • Fasilitasi SPJ Profil Kapanewon Rahun 2020;
  • Fasilitasi pelaksanaan penanggulangan wabah penyakit hewan menular dan tanaman menular diwilayah Kapanewon;
  • Fasilitasi Pelatanan Izin Usaha Mikro dan Kredit (IUMK) melalui Perizinan Berusaha Terintregasi secara Elektronik atau Online Singgle Submission (OSS);
  • Fasilitasi penerapan teknologi tepat guna koordinasi dan pengembangan Kelompok Usaha Ekonomi Produktif;
  • Fasilitasi penyelenggaraan pengadaan tanah untuk pembangunan bagi kepentingan umum;
  • Fasilitasi pendataan tata ruang, tata guna lahan dan alih fungsi lahan budidaya perikanan;
  • Fasilitasi pendataan tata ruang, tata guna lahan dan alih fungsi lahan budidaya perikanan;

4. Penetapan

  • Penerbitan surat keterangan rencana Kabupaten ( advice planning) skala Kapanewon;

5. Penyelenggaraan

  • * Penyelenggaraan festival, pameran, pawai dan kegiatan seni budaya tingkat Kapanewon;

B. PENYELENGGARAAN URUSAN PEMERINTAHAN UMUM

1. Indikator : Jumlah Linmas;

  • Parameter : Terpenuhinya kuota Linmas (Target 1 Linmas Tiap RT) dibanding jumlah RT;
  • Sumber Dokumen : Data Anggota Linmas yang memiliki KTA/Keputusan Kades tentang pembentukan Satlinmas Desa;

2. Indikator : Pengkoordinasian pemerintahan Tingkat Kapanewon;

  • * Parameter : Pelaksanaan Koordinasi Forum Komunikasi tingkat Kapanewon;
  • * Sumber Dokumen : Data Laporan/Notulen;

3. Indikator : Pengkoordinasi penerapan dan penegakan peraturab perundang undangan;

  • * Parameter : Pelaksanaan koirdinasi terkait tindakan penertiban non yustisial terhadap warga yang diduga melakukan pelanggaran peraturan perundang undangan;
  • * Sumber Dokumen : Data laporan/monitoring;

C. PENYELENGGARAAN PELAYANAN TERPADU;

1. Penyelenggaraan Perizinan dan Non Perizinan

a. Jenis Layanan : Izin Mendirikan Bangunan

* Perhitungan : Jumlah Permohonan terselesaikan / jumlah permohonan x 100 %;

* Penyelesaian : Terselesaikan 100 % dan tidak tereelesaikan 100 %;

b. Jenis Layanan : Izin Pentas Kesenian ke Luar Daerah;

* Perhitungan : Jumlah Permohonan terselesaikan / jumlah permohonan x 100 %;

* Penyelesaian : Terselesaikan 100 % dan tidak tereelesaikan 100 %;

c. Jenis Layanan : Rekomendasi dan/atau pengesahan lainnya;

* Perhitungan : Jumlah Permohonan terselesaikan / jumlah permohonan x 100 %;

* Penyelesaian : Terselesaikan 100 % dan tidak tereelesaikan 100 %;

2. Kondisi Ruang Pelayanan Umum

a. Persyaratan Ruang Pelayanan

* Maklumat Pelayanan

* Bagan/alur pelayanan

* Nomor Antrian

* Loket / Meja Pelayanan

* Kotak Aduan

* Kontak Layanan (Nomor telp/email/website yang dapat di akses)

b. Penerapan Protokol Kesehatan

* Pemasangan informasi protokol kesehatan;

* Penggunaan masker bagi petugas Pelayanan;

* Tersedianya tempat cuci tangan atau hand sanitizer;

* Penerapan jaga jarak pada kursi tunggu;

D. PRESTASI DAN INOVASI

1. Prestasi

  • * Prestasi dan penghargaan yang diperoleh oleh Kapanewon

2. Inovasi

a. Indikator : Terdapatnya inovasi yang dilaksanakan oleh Kapanewon

* Sumber Data : Dokumen Pelaksanaan Inovasi

* Penyelesaian :

- Ada, semua sudah dituangkan dalam SK Panewu/SK Bupati;

- Ada, semua / sebagian belum dituangkan dalam SK Panewu/SK Bupati;

- Belum ada inovasi;

b. Indikator : Jumlah inovasi yang sudah

* Sumber Data : Dokumen Pelaksanaan Inovasi;

* Penyelesaian :

- Kurang dari 20

- 11 s.d 20

- 1 s.d 10

E. PENILAIAN KINERJA PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMEN (PPID) KAOANEWON

1. Layanan Online

a.  Indikator : Profil

* Sumber Data : Visi, Misi, Struktur, SOTK

* Pilihan :

- Ada Lengkap

- Ada, tidak lengkap/tidak update

- Tidak Ada

b. Indikator : Publikasi Dokumen;

* Sumber Data : Renja, Renstra, Program Kegiatan, Lapiran Keuangan;

* Pilihan :

- Ada Lengkao

- Ada, tidak lengkap/tidak update

- Tidak Ada

c. Indikator : Kelengkapan Layanan PPID

* Sumber Data : Daftar Informasi Publik (DIP), Daftar Informasi Dikecualikan (DIK), Maklumat

* Pilihan :

- Ada Lengkao

- Ada, tidak lengkap/tidak update

- Tidak Ada

d. Indikator : Update Berita s.d September 2021

* Sumber Data : Jumlah Berita yang diunggah

* Pilihan :

- Kurang dari 20

- 11 s.d 20

- 1 s.d 10

2. Layanan Offline

a. Indikator : Meje Kursi, Ruangan Khusus

* Pilihan :

- Ada, Lengkap;

- Ada, menyatu dengan meja pelayajan;

- Tidak Ada

b. Indikator : Petugas Konfirmasi, Buku Register, Formulir

* Pilihan :

- Ada, Lengkap;

- Ada, menyatu dengan meja pelayajan;

- Tidak Ada

Dalam kunjungan Tim Visitasi Evaluasi Kinerja Pemerintah Kabupaten Kulon Progo menyampaikan bahwa kegiatan kunjungan visitasi ini untuk mencari kesesuaian antara data yang disajikan dalam aplikasi siJaka dengan keadaan realita di lapangan karena di mungkinkan data-data di dalam aplikasi siJaka belum lengkao serta dapat tertutupu dengan data real di lapangan. Setelah pemaparan dari Tim Visitasi Evaluasi Kinerja Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dilanjutkan dengan verifikasi keruangan pelayanan di Kapanewon Pengasih dan dari Tim Visitasi Evaluasi Kinerja Pemerintah Kabupaten Kulon Progo mengevaluasi terkait dengan PPID agar dibuatkan ruang tersendiri untuk Ruang Sekretariat PPID.