PANEWU PENGASIH PEMANTAUAN PELAKSANAAN UJI COBA PEMBELAJARAN TATAP MUKA SMP N 1 PENGASIH

Pengasih (kap.pengasih)--Pembelajaran adalah merupakan suatu proses yang dilakukan dengan memberikan pendidikan dan pelatihan kepada  peserta didik untuk mencapai hasil belajar. Perubahan sebagai hasil.proses belajar dapat diajukan dalam berbagai bentuk, seperti berubahnya pengetahuan, pemahaman, sikap dan tingkah laku keterampilan dan kecakapan serta kemampuan, daya reaksi, daya penerimaan dan lain lain aspek yang  ada  pada individu  yang  belajar.

Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada satuan pendidikan tertuang dalam SKB Empat Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 dilaksanakan melalui 2 fase yaitu masa transisi dan masa kebiasaan baru. Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada masa transisi berlangsung selama 2 bulan sejak dimulainya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di satuan pendidikan. Setelah masa transisi selesai maka  Pembelajaran Tatap Muka (PTM) memasuki masa kebiasaan baru.

Setelah kasus penularan Covid-19 menurun serta cakupan vaksinasi pelajar diatas 80 %, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo bersiap untuk melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka. Saat ini Kabupaten Kulon Progo masuk dalam PPKM Level 3 serta menurut ketentuan Pemerintah Pusat  bahwa Pembelajaran Tatap Muka boleh dilaksanakan di daerah Pemberlakuan Pembetasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

Secara umum di wilayah Kabupaten Kulon Progo untuk Sekolah  Menengah Pertama (SMP) sudah mempersiapkan untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka karena 80% siswanya sudah dilaksanakan vaksinasi.

Guna memastikan pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah berjalan sesuai Protokol Kesehatan, Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan Nasional didampingi Dinas Pedidikan Kabupaten Kulon Progo  beserta  Pengawas SD dan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten, Panewu Pengasih (Triyanto Raharjo, S.Sos.,M.Si), Panewu Anom Kapanewon Pengasih (R. Agus Supriyanta, S.IP), Perwakilan Polsek Pengasih (AKP Satiyem Kasi Binmas Polsek Pengasih), Kamituwo Kalurahan Pengasih (Nur Edy Wibowo) melaksanaakan pantauan ke SMP N 1 Pengasih yang melaksanakan Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka, Senin (04-10-2021).

Dalam kegiatan pemantauan  Coba Pembelajaran Tatap Muka di SMP N 1 Pengasih bertujuan untuk mengecek sejauh  mana kesiapan dan ketaatan sekolah dalam menerapkan standart Protokol Kesehatan ketika proses Pembelajaran Tatap Muka.

Dalam kesempatan tersebut Penewu Pengasih (Triyanto Raharjo, S.Sos.,M.Si) memberikan pengarahan kepada murid-murid SMP N 1 Pengasih.

Selain itu dari Pantauan Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka di SMP N 1 Pengasih, Triyanto Raharjo, S.Sos.,M.Si (Panewu Pengasih) menyampaikan bahwa protokol kesehatan sudah diterapkan dengan baik dari mulai memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan sebelum masuk para siswa sudah diukur suhu badannya. Untuk  jumlah siswa perkelas ada jaga jarak. Termasuk juga guru pengajar dalam menerapkan protokol kesehatan juga sidah cukup bagus.Pelaksanaan Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka di SMP N 1 Pengasih, sudah sesuai dengan peraturan. Rata-rata orang tua murid setuju diadakan uji coba tatap muka tersebut serta semua siswa sudah dibekali surat persetujuan dari orang tuanya. Panewu Pengasih (Triyanto Raharjo, S.Sos.,M.Si) berharap nanti dari hasil evaluasi dapat diambul kesimpulan apakah bisa melanjutkan tatap muka tersebut tidak hanya di kelas uji coba saja tapi di semua murid dan semua sekolah di wilayah Kapanewon Pengasih serta wilayah Kabupaten Kulon Progo.

" Kami mengapresiasi serta mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah yang sudah bekerja keras dalam penyiapan uji coba pembelajaran tatap muka di masa pandemi covid-19 dan semoga penerapan protokol kesehatan dalam proses pembelajaran bisa dipertahankan selalu menjadi prioritas dalam rangka upaya memutus mata rantai penyebarn Covid-19," ucap Kasi Binmas Polsek Pengasih (AKP Satiyem).

Sementara Kepala Sekolah SMP N 1 Pengasih menyampaikan bahwa pihak sekolah bisa menggelar Pembelajaran Tatap Muka berdasarkan izin dari Disdikpora Kabupaten Kulon Progo. Petugas Disdikpora Kabupaten Kulon Progo sebelumnya telah melakukan verifikasi sekolah mana  yang dianggap layak untuk melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka serta SMP N 1 Pengasih salah satunya. Dalam pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka ini, sekolah menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sebelum masuk ke area sekolah siswa beserta guru diwajibkan mencuci tangan, memakai masker, pengecekan suhu tubuh serta tempat duduk di beri jarak. Jumlah siswa didalam kelas di batasi 50 persen dari total kapasitas.