TENGAH PANDEMI COVID-19, PROGRAM BEDAH RUMAH KABUPATEN KULON PROGO TETAP MENJADI PRIORITAS

Pengasih (kap.pengasih)--Asisten Pemerintahan Dan Kesra Kabupaten Kulon Progo mewakili Bupati Kulon Progo melaksanakan program bedah rumah diwilayah pedukuhan Tanggulangin, 39/19, Kalurahan Sidomulyo, Kapanewon Pengasih. Adapun untuk sasaran program bedah rumah di Pedukuhan Tanggulangin Kalurahan Sidomulyo Kapanewon Pengasih atas nama Bapak Asli Suroso, pada hari Sabtu tanggal 02 Oktober 2021. Dalam kegiatan tersebut di hadiri oleh Asisten Pemerinrahan Dan Kesra Kabupaten Kulon Progo ( Drs. Jazil Ambar Was'an), Staf Ahli Bupati (Bambang Sutrisno, S.Sos.,M.Si), Heri Darmawan, AP.MM (Kabag Kesra Kabupaten Kulon Progo), Ketua BAZNAS Kulon Progo, Panewu Pengasih (Triyanto Raharjo, S.Sos.,M.Si), Kawat Kesra Kapanewon Pengasih (Jemakir, S.IP), Lurah Sidomulyo (Kabul) beserta Pamong Kalurahan Sidomulyo, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kalurahan Sidomulyo.

Dalam kegiatan penyaluran program bedah rumah pemerintah Kabupaten Kabupaten Kulon Progo secara seremonial dilaksanakan penyerahan bantuan uang sebesar Rp 15 Juta dari BAZNAS Kabupaten Kulon Progo dan Pemeritah Kapanewon Pengasih sebesar Rp 1 Juta.

Dalam sambutannya Asisten Pemerinrahan Dan Kesra Kabupaten Kulon Progo (Drs. Jazil Ambar Was'an) menyampaikan bahwa pentingnya gotong royong dalam menyatukan tekad untuk membantu pembangunan rumah Bapak Asli Suroso, 39/19, Tanggulangin Kal. Sidomulyo agar terwujud hunian rumah yang layak huni. Gotong royong warga dalam bedah rumah ada nilai kemanusiaan yang berbeda dengan gotong royong lainnya, misalnya gotong royong membuat jalan, saluran air, pos ronda dll, kita memiliki harapan mengambil manfaat dari pembangunan tersebut untuk memperlancar atau mempermudah kehidupan kita namun dalam gotong royong bedah rumah ini tidak terbesit sedikitpun keinginan untuk menempati rumah yang dibedah serta murni naluri kemanusiaan agar pemilik rumah dapat hidup layak setara dengan orang lain. Terkait dengan diwilayah pedukuhan Tanggulangin Kalurahan Sidomulyo seperri apa yang tadi disampaikan oleh Lurah Sidomulyo bahwa masih ada sekitar 10 Kepala Keluarha yang belum terjangkau program bedah rumah, nantinya pemerintah akan segera untuk menindak lanjuti untuk dilaksanakn program bedah rumah. Pola hidup sehat saat ini merupakan hal penting yang harus diterapkan selama pandemi covid-19. Saat ini masyarakat banyak melakukan aktifitas dari rumah, baik bekerja dari rumah, sekolah dari rumah, ataupun menghabiskan waktu libur dengan dirumah saja. Rumah menjadi tempat paling penting serta harus memenuhi syarat sehat antara lain ventilasi yang baik, sirkulasi udara yang baik serta sanitasi yang memadai. Pada masa pandemi Covid-19 ini rumah sehat makin dibutuhkan karena sebagian aktivitas dilakukan dirumah. Mudah-mudahan dengan kepedulian dan saling tolong menolong dalam kehidupan masyarakat semakin membaik apalagi di tengah Pandemi Covid-19 ini. Serta jangan untuk selalu memakai masker dan terapkan Protokol Kesehatan secara ketat, lindungi diri sendiri, keluarga dan orang-orang terdekat kita.

Dalam kesempatan tersebut, Lurah Sidomulyo (Kabul) mewakila panitia bedah rumah bapak Asil Suroso menyampaikan dan mengucapkan selamat datang kepada Tim Bedah Rumah Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. Serta mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melalui Baznas yang telah memberikan bantuan untuk pembangunan bedah rumah Bapak Asil Suroso pedukuhan Tanggulangin Kalurahan Sidomulyo. Perlu disampaikan juga bahwa di wilayah Pedukuhan Tanggulangin Kalurahan Sidomulyo masih ada beberapa Kepala Keluarga yang belum terjangkau program bedah rumah secara keseluruhan ada sekitar 10 kepala keluarga. Harapannya semoga 10 Kepala Keluarga bisa terlaksana program bedah rumah.

Kegiatan bedah rumah dapat dilaksanakan sesuai dengan prosedur serta memperhatikan Instruksi Menteri PUPR sesuai dengan edaran tentang penanganan pencegahan Covid-19 serta memperhatikan situasi diberbagai wilayah yang cukup bervariasi.