PELAKSANAAN SHOLAT TARAWIH MASJID DAN MUSHOLA WAJIB TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN

Pengasih (kap.pengasih)--Rabu (28-04-2021) Shalat Tarawih adalah merupakan shalat khusus pada malam bulan Ramadan yang dilaksanakan setelah sholat isya dan sebelum sholat witir. Sholat Tarawih hukumnya sunah dan sholat tarawih dapat dikerjakan dengan jumlah 20 rakaat, umumnya 2 rakaat demi 2 rakaat  kemudian di tutup dengan sholat witir 3 rakaat.

Pemerintah melalui Satauan Tugas (Satgas) COVID-19 akan membatasi pelaksanaan kegiatan keagamaan selama bulan Ramadhan dan sholat Idhul Fitri tshun 1442 hijriah/ 2021 Masehi. Pembatasan tersebut mulai dari pelaksanaan sholat tarawih dan hingga sholat Idhul Fitri. Kebijalan tersebut dilakukan untuk mengurangi kenaikan kasus COVID-19 seperti tahun sebelumnya, yang dimana pada Ramadhan tahun lalu kasus harian dan kematian meningkat cukup signifikan.

Pelaksanaan sholat tarawih berjamaah di wilayah Kapanewon Pengasih Kabupaten Kulon Progo di tengah pandemi COVID-19 di nilai aman. Hal itu terungkap setelah perwakilan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kapanewon Pengasih melaksanalan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan sholat tatawih berkamaah di masjid At-Ta'mir Pedukuhan Tunjungan Kalurahan Pengasih dan masjid Darul Hadist Al-Munsharoh pedukuhan Klegen Kalurahan Sendangsari Kapanewon Pengasih pada bulan Ramadhan 1442 hijriah, Selasa (27-04-2021).

Seluruh pengurus masjid di wilayah Kapanewon Pengasih yang menyelenggatakan sholat tarawih ditekankan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) di masa pandemi COVID-19. Jumlah jamaah yang melaksanakan ibadah sholat tarawih di dalam masjid dibatasi maksimal 50 persen dari kapasitas.

"Pandemi COVID-19 ini sudah berjalan setahun, jadi pengurus takmir masjid maupun mushola yang menyelenggarakan sholat tarawih berjamaah pasti sudah tahu protokol kesehatan (prokes) yang harus dilaksnakan, persiapan sarana penunjang protokol kesehatan (prokes) dan Satgas Pdukuhan Tunjungan melakukan pamantauan saat pelaksanaan ibadah shilay tarawih. Di semua pintu masjid kami siapkan tempat cuci tangan dan pengukuran suhu badan serta pengaturan jaga jarak setiap jamaah minimla 1 meter. Untuk pengaturan jumlah jamaah di dalam masjid At-Ta'mir Pedukuhan Tunjungan kurang dari setengahnya atau sekitar 50 orang dari kapasitas maksimal 100 orang. Sebelum dan sesudah pelaksanaan ibadah dimasjid At-Ta'mir Pedukuhan Tunjungan dilakukan penyemprotan desinfektan," ucap Dukuh Tunjungan Kalurahan Pengasih.

Pengurus/Takmir masjid juga sudah menyiapkan imbaian kepada jamaah apabila yang sedang tidak enak badan atau kurang fit agar melaksanakan shalat Tarawih di rumah masing-masing.

Diruangan terpisah, Panewu Pengasih (Triyanto Raharjo, S.Sos., M.Si) mengatakan bahwa saat ini dalam menyongsong bulan suci Ramadhan, Satgas PPKM tingkat RT/RW/Pedukuhan/Kalurahan dan Kapanewon sangat penting sebagai pengendali keluar masuknya masyarakat , terlebih saat menjalankan ibadaj Ramadhan salah satunya shalat tarawih. Kita terus saling koordinasi untuk memantabkan aturan.

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dalam pelaksanaan penyelenggaraan sholat tarawih dibulan suci Ramadhan yakni meliputi ;

1.

Sarana Prasarana :

 

a.

Tempat Cuci Tangan + sabun atau handsanitizer.

 

b.

Thermogun

 

c.

Alat semprot dan/atau kanebo

 

d.

Desinfektan

 

e.

Persediaan masker

 

f.

Media Edukasi ( Poster, Banner, Leaflet, dll ).

 

g.

Pengaturan jarak antar jamaah

 

h.

Petugas Protokol Krsehatan

2.

Perilaku

 

a.

Melakukan cuci tangan/memakai handsanitizer.

 

b.

Mewajibkan memakai masker

 

c.

Pengaturan/pengecekan suhu badan para jamaah.

 

d.

Penyemprotan desinfektam sebelum maupun sesudah pelaksanaan.

 

e.

Membawa alat sholat/sajadah sendiri

 

f.

Durasi waktu kegiatan sholat tarawih maksimal 2 jam.

       

Pengurus masjid / mushola dapat menyelenggarakan kegiatan ibadah antara lain sholat fardhu lika waktu, shalat tarawih dan witir, tadarus Al-Qur'an serta iktikaf dengan pembatasan jumlah kehadiran 50% dari kapasitas masjid/mushola serta dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, menjaga jarak aman 1 meter antar jamaah dan setiap jamaah membawa sajadah / mukena masing-masing. Kemudian jika ada pengajian, ceramah/thausiyah/ Kultum Ramadhan dan kuliah subuh paling lama dengan durasi waktu 15 menit.

Dalam pemantauan pelaksanaan sholat tarawih di masjid At-Ta'mir pedukuhan Tunjungan Kalurahan Pengasih berlangsung 23 rakaat.