Soft Opening Kawasan Taman Budaya Oleh Gubernur DIY

Selasa, 13 Maret 2018 19:43:47 - Oleh : @ryotrantib

Gedung Taman Budaya

Giat Lomba Desa/Kelurahan Tangguh Bencana

Brosing ( Obrolan Siang) Siaran Langsung Radio Megaswara 93,8 FM Dalam Rangka Pengembangan Cagar Bud

Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Sekretaris Desa Pengasih Kecamatan Pengasih

Peresmian Rumah Data Kependudukan Kampung KB Dusun Ngramang

Musyawarah Desa Sendangsari Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu Dsa Sendangsari Kecamatan Pengasih

   Pengasih(kecpengasih.com)--Pada hari Senin (13-03-2018) pukul 10.00 WIB telah berlangsung acara Soft Opening Kawasan Taman Budaya Kabupaten Kulonprogo bertempat di Gedung Taman Budaya beralamat di Jl Kawijo desa Pengasih Kecamatan Pengasih. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwono X, Dr H Hasto Wardoyo, S.P.O (K) (Bupati Kabupaten Kulonprogo), Drs H Sutedjo (Wakil Bupati Kabupaten Kulonprogo), Akhid Nuryati, SE (Ketua DPRD Kabupaten Kulonprogo), Letkol Armed Teguh Prohanto Usman, S.Sos, Kabag Ops Polres Kulonprogo ( Kompol Darmawan), Pama sat Radar 215 Congot (Lettu Lek Edi Supanto), Kasi Intel Kejari Kabupaten Kulonprogo (Yogi, SH), Camat Kecamatan Pengasih (Ir. Aspiyah, M.Si), Polsek Pengasih, Koramil Pengasih, Kades Pengasih, dan OPD Forkomido Kabupaten Kulonprogo.

   Dalam acara Soft Opening Kawasan Taman Buudaya Kabupaten Kulonprogo diawali dengan pengecekan Gedung Taman Budaya oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X ( Gubernur DIY) yang didampingi oleh Bupati Kabupaten Kulonprogo ( Dr H Hasto Wardoyo), serta unsur Forkominda Kabupaten Kulonprogo.

   "Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak Gubernur DIY (Sri Sultan Hamengkubuwono X) beserta jajarannya dalam rangka acara Soft Opening Kawasan Taman Budaya Kabupaten Kulonprogo. Dengan melalui dana keistimewaan DIY, gedung taman budaya Kabupaten Kulonprogo dapat berdiri dengan baik. Gedung Taman Budaya Kabupaten Kulonprogo dibangun diatas tanah kas Desa Pengasih dengan luas tanah sekira 4,2 hektare status tanah tersebut disewa selanjutnya akan kami tindak lanjuti sesuai dengan prosedur dan petunjuk Pemerintah Provinsi DIY. Dalam rangka optimalisasi Taman Budaya kita akan menyusun kelembagaan khusus Taman Budaya agar fungsi Taman Budaya dapat dimaksimalkan sesuai dengan arahan Gubernur DIY, kedepan dalam pembangunan gedung baru akan lebih menyesuaikan fungsi gedung agar dapat digunakan sesuai dengan fungsinya. Fungsi Taman Budaya ini harus untuk mengembangkan kebudayaan wilayah Kabupaten Kulonprogo agar supaya menghasilkan karya-karya seni baru. Dinas Kebudayaan tidak hanya mengerjakan pekerjaan rutin namun harus bisa menciptakan karya seni seperti senam angguk yang telah diterapkan di sekolah-sekolah bahkan sudah masuk tingkat Nasional. Batik yang menjadi ciri khas Kabupaten Kulonprogo yakni Geblek Renteng yang sudah menjadi simbol daerah yang telah dituangkan dalam karya batik yang memiliki nilai tinggi pengrajin batik daerah Lendah Kabupaten Kulonprogo sudah mencapai 1500 pengrajin batik yang merupakan kampung batik . Kreasi baru yakni Sendra Tari Sugriwo Subali yang mendapatkan Dana Keistimewaan sejumlah 900 juta dan sering dipentaskan di obyek wisata Goa Kiskendo dalam rangka menyongsong Bedah Menoreh mulai bulan Januari 2018 sudah dilaksanakan. Pelaksanaan Pendidikan Karakter yang telah dituangkan dalam Perda yakni modul kemataraman, religitas dan Pancasila," ucap Dr H Hasto Wardoyo (Bupati Kabupaten Kulonrogo).

   Dalam sambutannya Gubernur DIY (Sri Sultan Hemengkubowono X) menyampaikan bahwa Taman Budaya ini agar difungsikan dengan baik bukan hanya untuk eksekutif tapi legilatif, serta fasilitas yang sudah ada agar dapat digunakan dengan sebaik bainya. Dengan pertunjukan di Gedung Taman Budaya Kabupaten Kulonprogo bukan hanya gratis kedepannya harus dipikirkan sehingga ada dana yang dapat digunakan untuk perawatan, hal ini merupakan bentuk konsekuensi Kabupaten Kulonprogo. Semoga dengan adanya Gedung Taman Budaya di Kabupaten Kulonprogo ini masyarakat Kulonprogo punya kesadaran baru, punya Kebudayaan Baru, kerifan lokal dalam bentuk global untuk membangun kkesadaran baru bagi masyarakat lokal, serta masyarakat yang mau menggunakan gedung ini dipersilahkan tapi harus sesuai dengan prosedur. Gubernur DIY (Sri Sultan Hamengkubuwono X) menginginkan wilayah yang strategis yang punya potensi agar bisa diajukan ke Pemerintah Provinsi DIY sehingga bisa digunakan Dana Keistimewaan Yogyakarta. Bukan hanya obyek yang bisa ditingkatkan tapi kawasan yang dikembangkan sehingga masyarakat bisa sejahtera. Derah Suroloyo jangan sampai jatuh ketangan investor, karena nantinya kedepan akan susah. Kabupaten Kulonprogo nantinya akan kunjungan wisata, makin banyak orang datang ke obyek wisata di Kabupaten Kulonprogo. Dengan adanya bandara di Kabupaten Kulonprogo akan menambah penghasilan bagi masyarakat sekitar dan jangan sampai salah dimanfaatkan oleh orang-orang tertentu. Kita harus berfikir bagaimana wilayah Kabupaten Kulonprogo dapat berkembang tapi masyarakat jangan sampai salah dimanfaatkan, harga tanah jangan sampai dinaikkan seenaknya. Jangan sampai dimanfaatkan oleh makelar tanah yang memikirkan kepentingan sendiri. Masyarakat yang terdampak bandara jangan sampai keleleran. Dengan adanya bandara baru di Kabupaten Kulonprogo semoga masyarakat yang terdampak akan bisa menambah penghasilan serta bisa mensejahterakan masyarakat Kabupaten Kulonprogo.

   Dalam acara Soft Opening Kawasan Taman Budaya Kabupaten Kulonprogo secara seremonila ditandai dengan penanaman pohon sawo kecik oleh Gubernur DIY (Sri Sultan Hamengkubuwono X) dengan didampingi Bupati Kabupaten Kulonprogo bersama unsur Forkominda Kabupaten Kulonprogo.

« Kembali | Kirim | Versi cetak