Pembinaan Linmas Desa Karangsari Persiapan Pengamanan Pemilu 2019

Jum`at, 13 Juli 2018 09:56:34 - Oleh : @ryotrantib

Balaidesa Karangsari

Pembinaan Linmas Desa Karangsari Persiapan Pengamanan Pemilu 2019

Syawalan Keluarga Besar Masyarakat Sidomulyo Menghadirkan Ustad Kondang

Pengajian Akbar Pondok Pesantren As-Salam dan Syawalan Desa Tawangsari

Rakor Daftar Pemilih Sementara Hasil Pemutakhiran

Taman Budaya Kabupaten Kulonprogo Syawalan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY

  Pengasih(kecpengasih)--Sebagai upaya peningkatan peran serta Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), Pemerintah Desa Karangsari Kecamatan Pengasih menggelar acara pelatihan dan pembinaan anggota Linmas Desa Karangsari Kecamatan Pengasih, Selasa (10-07-2018) pukul 08.30 WIB di Balaidesa Karangsari Kecamatan Pengasih. Dalam acara tersebut dihadiri Camat Pengasih, Polsek Pengasih, Koramil Pengasih, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kulonprogo (Suharyana Kasi Linmas), Pj Kades Karangsari Kecamatan Pengasih (Mujirin) dan Anggota Satlinmas se-Desa Karangsari.

  Camat Pengasih (Ir.H.Aspiyah, M. Si) menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan dan pembinaan Satlinmas ini bertujuan agar masing masing anggota dapat memahami ketugasannya sebagai Satlinmas. Dalam rangka persiapan Pemilu 2019 Satlinmas agar ikut terlibat dalam pengamanan jalannya Pemilu 2019. Selain itu juga untuk memberikan pemahaman kelada anggota Satlinmas Deaa Karangsari Kecamatan Pengasih tentang dan fungsi Linmas.

  "Wawasan Kebangsaan atau Wawasan Nasional Indonesia adalah merupakan sebuah pedoman yang masih bersifat filosofia normatif. Sebagai perwujudan dari rasa dan semangat kebangsaan yang melahirkan bangsa Indonesia. Wawasan Kebangsaan harus senantiasa dapat mrnyesuaikan diri dengan perkembangan dan berbagai bentuk implementasinya. Memahami serta mempedomani secara baik ajaran yang terkandung dalam konsep Wawasan Kebangsaan akan menumbuhkan keyakinan serta kepercayaan dari setiap warga bangsa tentang posisi dan peran masing-masing ditengah tengah masyarakat yang serba majemuk. Wawasan Kebangsaan juga merupakan konsep politik Bangsa Indonesia yang memandang Bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan wilayah, meliputi darat, air dan udara yang diatasnya secara tidak terpisahkan, yang menyatukan Bangsa dan Negara secara utuh menyeluruh mencakup segenap bidang kehidupan Nasional yang meliputk aspek politik, ekonomi, sosial budaya dan hankam. Wadah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, meliputi seluruh wilayah Indonesia yang memiliki sifat serba Nusantara dengan kekayaan alam dan penduduk serta aneka ragam budaya. Hakekat Wawasan Kebangsaan adalah keutuhan Nasional / Nusantara dalam pengertian cara pandang yang selalu utuh menyeluruh dalam lingkup Nusantara dan demi kepentingan Nasional. Bagi setiap warga negara dan aparatur negara wajib berfikir, bersikap, dan bertindak secara utuh menyeluruh dalam lingkup dan demi kepentingan bangsa termasuk produk-produk yang dihasilkan oleh lambang Negara," ucap Perwakilan Koramil Pengasih.

  Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kabupaten Kulonprogo (Suharyana) menyampaikan bahwa Linmas merupakan singkatan dari Perlindungan Masyarakat telah mengalamk distorsi pengertian sehingga terjebak dalam anggapan umum yang hanya mengaitkan dengan sebuah fungsi dalam masyarakat yakni fingsi linmas atau lebih dikenal dengan Pertahanan Sipil (Hansip). Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 10 Tahun 2009 tentang Penugasan Satuan Perlindungan Masyarakat Dalam Penanganan Ketentraman, Ketertiban dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) pasal 1 butir 1 yakni : Satuan Perlindungan Masyarakat yang selanjutnya disebut Satuan Linmas adalah warga nasyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta ketrampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman, dan ketertiban masyarakat serta kegiatan sosial kemasyarakatan.

  Dalam acara Pembinaan Linmas Desa Karangsari Kecamatan Pengasih diakhiri dengan latian bela diri yang dipandu dari Polsek Pengasih.

« Kembali | Kirim | Versi cetak