Pengajian Akbar Pondok Pesantren As-Salam dan Syawalan Desa Tawangsari

Minggu, 8 Juli 2018 05:07:59 - Oleh : @ryotrantib

Desa Tawangsari

Giat Lomba Desa/Kelurahan Tangguh Bencana

Brosing ( Obrolan Siang) Siaran Langsung Radio Megaswara 93,8 FM Dalam Rangka Pengembangan Cagar Bud

Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Sekretaris Desa Pengasih Kecamatan Pengasih

Peresmian Rumah Data Kependudukan Kampung KB Dusun Ngramang

Musyawarah Desa Sendangsari Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu Dsa Sendangsari Kecamatan Pengasih

  Pengasih(kecpengasih)--Sebuah tradisi yang kreatif khas masyarakat Muslim Bangsa Indonesia yakni Halal Bi Halal.  Halal Bi Halal muncul sebagai ungkapan saling mengkhalalkan dan kekhilafan, saling memaafkan satu sama lain. Setiap manusia menyadari tidak ada yang lepas dari kesalahan dan juga manusia tempatnya salah dan lupa.  

  Idhul Fitri dengan kegiatan Halal Bi Halal membuat umat Islam bisa melebur kesalahannya dan berbagi maaf tanpa sekat yang membatasi. Selain itu juga dengan Halal Bi Halal bisa mempererat tali silaturrahim dengan sesama.    

  Dibulan Syawal 1439 H banyak komunitas maupun warga rantau yang mengadakan syawalan. Menjelang akhir bulan Syawal ini Pondok Pesantren As-Salam menggelar Syawalan dan pengajian akbar bersama warga masyarakat Pedusunan Siluwok Desa Tawangsari Kecamatan Pengasih.   

  Jumat (06-07-2018) Pondok Pesantren As-Salam Pedusunan Siluwok Desa Tawangsari Kecamatan Pengasih telah berlangsung acara pengajian akbar dan syawalan. Dalam acara oengajian dan syawalan Pondok Pesantren As-Salam Pedusunan Siluwok Desa Tawangsari Kecamatan Pengasih menghadirkan penceramah untuk tausyiah yakni ustad KH. Muhammad Jazari, SAG dari Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulonprogo.    

  Kepala Desa Tawangsari (Sigit Susetyo) merasa ikut senang melihat keramaian serta mengakui bahwa baru kali ini ada pengajian yang hadir banyak jamaahnya, menurut perkiraan jamaah yang hadir dalam pengajian dan syawalan tersebut kurang 500 orang warga Desa Tawangsari Kecamatan Pengasih dalam pengajian tersebut berjalan dengan suasana khidmat.    

  Kepala Desa Tawangsari Kecamatan Pengasih (Sigit Susetyo) menyampaikan kepada warga masyarakat desa Tawangsari agar bisa menciptakan lapangan kerja sebagai salah satu contoh usaha usaha tahu di Pedusunan Bujidan Desa Tawangsari Kecamatan Pengasih sudah sejak lama membuka lapangan kerja. Usaha itu sebenarnya bisa dikembangkan seperti usaha Bakpia yang sudah ada juga bisa terus berkembang.     

  Dalam persaingan hidup yang sangat keras ini warga Desa Tawangsari Kecamatan Pengasih harus siap menghadapi itulah harapannya. Apalagi dalam waktu dekat ini Desa Tawangsari Kecamatan Pengasih akan ikut terkena imbas kemajuan dengan adanya Bandara baru di Kabupaten Kulonprogo setelah Bandara tersebut beoperasi apalagi lokasi Bandara Baru tersebut berlokasi diwilayah Kecamatan Temon Kabupaten Kulonprogo.     

  Dalam acara Pengajian Akbar dan Syawalan Warga di Pondok Pesantren As-Salam Pedusunan Siluwok Desa Tawangsari Kecamatan Pengasih, dalam tausyiahnya ustad KH. Muhammad Jazari, SAG dari Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulonprogo menyampaikan tausyiahnya dengan peragaan wayang kulit. Dengan menampilkan tokoh Rahwana yang melambangkan keserakahan dan durhaka serta mendambakan kemenangan yang dilambangkan dengan Dewi Shinta. Namun semua perbuatan Rahwana bisa dikalahkan oleh Anoman, tokoh yang melambangkan kesucian.    

  Dalam kehidupan orang tidak perlu mencontoh Rahwana, sebab yang dicontoh adalah Anoman, meski kecil badannya dan berujud kera namun merupakan tokoh yang suci, jujur dan taat kepada pimpinan, selain itu juga penurut serta membela kebenaran demi kesejahteraan dan kemakmuran.    Hendaklah seorang pemimpin memberikna kemudahan kepada karyawannya dalam mengerjakan kewajiban mereka kepada Allah SWT seperti Sholat dan Puasa. Janganlah membuat peraturan yang bertentangan dengan hukum Allah SWT.  Seorang pimpinan harus bisa mengetahui bahwa seorang karyawan yang beragama lebih dekat kepada kebaikan serta bekerja atas dasar keikhlasan, selalu merasa diawasi Allah SWT serta lebih amanah dalam menjalankan peraturan.    

  Acara Pengajian Akbar dan Syawalan Pondok Pesantren As-Salam Pedusunan Siluwok Desa Tawangsari Kecamatan Pengasih berlangsung dengan khidmat serta berjalan dengan aman dan terkendali.

« Kembali | Kirim | Versi cetak