Rakor Daftar Pemilih Sementara Hasil Pemutakhiran

Jum`at, 6 Juli 2018 22:05:24 - Oleh : @ryotrantib

Pendopo Kec. Pengasih

Giat Lomba Desa/Kelurahan Tangguh Bencana

Brosing ( Obrolan Siang) Siaran Langsung Radio Megaswara 93,8 FM Dalam Rangka Pengembangan Cagar Bud

Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Sekretaris Desa Pengasih Kecamatan Pengasih

Peresmian Rumah Data Kependudukan Kampung KB Dusun Ngramang

Musyawarah Desa Sendangsari Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu Dsa Sendangsari Kecamatan Pengasih

  Pengasih(kecpengasih)--Jumat(06-07-2018) Pemutakhiran data pemilih adalah merupakan kegiatan untuk memperbarui data pemilih berdasarkan DP4 dari Menteri Dalam Negeri, Gubernur,  Bupati /Walikota, serta mempertimbangkan DPT Pemilu terakhir dengan cara melakukan verifikasi faktual data pemilih dan selanjutnya untuk digunakan sebagai bahan penyusunan daftar Pemilih sementara yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten /Kota dengan dibantu oleh PPK dan PPS.   

  Pemutakhiran data pemilih memberikan ruang sekaligus menuntut adanya partisipasi publik. DPSHP tak sekedar mengekpresikan harapan tapi juga imbauan serta ajakan kepada publik dan para steakholders agar dapat mencermati, mengkritisi,  sekaligus memberikan masukan serta tanggapan perbaikan terhadap data pemilih hasil kegiayan coklit pantarlih.

  Pemutakhiran data pemilih mengandung makna edukasi (pendidikan) politik bagi para pemilih khususnya dan publik pada umumnya.     Bagi penyelenggara Pemilu, khususnya PPS evaluasi kinerja dalam penyusunan DPS dan DPSHP sudah semestinya dibarengi dengan menindaklanjuti respon publik dan tanggapan masyarakat atas konten DPSHP untuk perbaikan pemilih itu sendiri.    

  Gedung Pendopo Kecamatan Pengasih pukul 13.00 WIB hari Jumat (06-07-2018) telash berlangsung acara Rapat Koordinasi (Rakor) Daftar Pemilih Sementara Hasil Pemutakhiran yang ada di wilayah Kecamatan Pengasih. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Sekcam Kecamatan Pengasih (Drs Untung Subagiya,  MM),  Kasi Pemerintah Kecamatan Pengasih (Hejunk Waluya,  S.Sos), Ketua PPK Kecamatan Pengasih beserta PPS Desa se-Kecamatan Pengasih.    

  Tujuan dilaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor)  ini adalah untuk melaksanakan Rapat Koordinasi Persiapan Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih  Hasil Pencermatan (DPHP)  dalam Pemilu 2019.    

  Sekcam Kecamatan Pengasih (Drs Untung Subagyo,  MM) menyampaikan bahwa pada intinya pertemuan Rakor ini adalah untuk mempersiapkan pleno Daftar Pemilih Hasil Pencermatan (DPHP) sebelum ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) maka PPS diminta dicek ulang jangan sampai ada warga yang sudah memperoleh hak pilih terlewatkan sehingga dalam pleno diminta data sudah fiks.   

  Ketua PPK Kecamatan Pengasih (Haryono) menyampaikan bahwa rapat koordinasi ini bertujuan untuk mempersiapkan Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pencermatan (DPHP) serta merupakan salah satu tugas, wewenang dan kewajiban dari PPK membantu KPU. KPU Propinsi dan KPU Kabupaten /Kota dalam pemutahiran data Pemilih, data pemilih sementara,  serta daftar pemilih tetap dalam menyelenggarakan Pemilu 2019. PPK berharap agar PPS lebih teliti dan cek ulang lagi.  

  Acara Rakor Daftar Pemilih Sementara Hasil Pemutakhiran digedung Pendopo Kecamatan Pengasih berlangsung dengan aman lancar serta terkendali.    

« Kembali | Kirim | Versi cetak