Syawalan dan Halal Bi Halal Keluarga Besar Polsek Pengasih

Senin, 2 Juli 2018 23:50:04 - Oleh : @ryotrantib

Polsek Pengasih

Pembinaan Linmas Desa Karangsari Persiapan Pengamanan Pemilu 2019

Syawalan Keluarga Besar Masyarakat Sidomulyo Menghadirkan Ustad Kondang

Pengajian Akbar Pondok Pesantren As-Salam dan Syawalan Desa Tawangsari

Rakor Daftar Pemilih Sementara Hasil Pemutakhiran

Taman Budaya Kabupaten Kulonprogo Syawalan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY

  Pengasih(kecpengasih)-- Senin(02-07-2018) Hajatan besar pasca lebaran Idhul Fitri adalah ritual syawalan. Satu istilah yang sangat populer di masyarakat Indonesia yakni syawalan,  halal bi halal, silaturrahim, pertemuan keluarga,  bani atau trah semuanya sangat familier di telinga.    

  Setelah 1 bulan penuh berpuasa menahan hawa nafsu dan menahan makan minum, setelah menempa sensivitas diri dengan menunjukkan empati kepada mustadh'afin yang kelaparan, setelah menunjukkan kepedulian kepada sesama muslim dengan bentuk menunaikan zakat fitrah,  momen bulan syawal adalah momen untuk bermaaf maafan.    Halaman Mapolsek Pengasih telah berlangsung acara acara Syawalan dan Halal Bi Halal Keluarga Besar Polsek Pengasih dengan Warakawuri, Minggu (01-07-2018) pukul 13.30 WIB.  

  Dalam acara syawalan Keluarga Besar Polsek Pengasih dengan Warakawuri dibuka dengan doa serta dilanjutkan dengan sambutan Kapolsek Pengasih (Kompol Salim). 

  Dalam sambutannya Kapolsek Pengasih (Kompol Salim)  mengharapkan agar kegiatan ini sebagai sarana silaturrahmi keluarga besar Polsek Pengasih juga dapat mempererat rasa kekeluargaan. Secara pribadi maupun kedinasan mengucapkan taqoballahu minna wa minkum mohon maaf lahir dan batin serta selamat Hari Raya Idhul Fitri 1439 H.  

  Setelah usai sambutan dari Kapolsek Pengasih dilanjutkan dengan ikrar syawalan yang dipimpin oleh Aiptu Mujiono serta tausiyah dengan mengambil tema hikmah syawalan yang disampaikan oleh Ustad Mustofa Kamal, S.Sy.     

  Dalam tausiyahnya Ustad Mustofa Kamal,  S.Sy menyampaikan selamat haro raya Idhul Fitri 1439 H mohon maaf lahir dan batin kepada Keluarga Besar Polsek Pengasih. Semoga kita semua kembali menjadi orang lebih fitri. Bulan Ramadhan kita melaksanakan ibadah puasa dengan tujuan agar kita bertakwa kepada Allah SWT dengan takwa yang sebenar benarnya.  Takwa yakni mematuhi segala perintah-NYA dan menjauhi semua larangan-NYA. Sebagai oerwujudan ketakwaan kita kepada Allah SWT yakni dengan perubahan sikap yang semuka tidak baik menjadi baik, yang semula baik menjadi lebih baik. Semua itu tak lepas dari kewajiban kita sebagai umat manusia Kepada Allah SWT serta kewajiban kepada sesama manusia.  Salah satu perwujudan kewajiban kita kepada sesama manusia adalah dengan saling mengingatkan,  saling menolong serta saling membantu. Dengan demikian orang-orang yang taat dan taqwanya bertambah juga orang yang menjauhi kemaksiatan yang dikategorikan sebagai orang-orang yang sukses dalam menjalankan ibadah Romadhannya. Dengan syawalan maka kita akan dileburnya segala kesalahan dan dosa-dosanya baik yang berhubungan Allah SWT maupun dosa dosa yang berhubungan dengan sesama manusia sebagao buah dari puasa romadhon. Oleh sebab itu bila kita merasa mempunyai kesalahan kepada orang lain janganlah segan-segan minta maaf dan ridhonya sebab sekecil apapun nilainya akan dituntut dihadapan Allah SWT. Janganlah sekali kali meremehkan kesalahan yang pernah kita perbuat kepada siapa saja. kapan saja,  dan dimana saja. Segeralah meminta maaf lebih pada momen yang tepat seperti  ini.  Syawalan bagi umat Islam itu penting karena disaat umat Islam tidak saling maaf memaaflam maka puasanya selama satu bulan ramadhan tidak diterima Allah SWT. Kelemahan manusia yang paling pokok yakni pandangannya yang pendek serta tidak mampu melihat jauh kedepan. Karena manusia mudah tertarik kepada hal hal yang sepintas lalu menwarkan kesenangan padahal dalam jangka panjang akan membawa malapetaka.  Hati nurani yang akan membawa manusia jangan sampai terjebak oleh hal hal yang pendek yang menyenangkan sementara melupakan jangka panjang yang lebih besar dan penting. Demikianlah beberapa hikmah yang dapat kita ambil dalam kegiatan syawalan keluarga besar Polsek Pengasih semoga kita dapat selalu diampuni dosa dosa kita semua dan kembali ke fitroh. Selamat Hari Bhayangkara ke-72.   

  Acara syawalan Keluarga Besar Polsek Pengasih diakhiri dengan membaca doa bersama dan pemotongan tumpeng dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-72.

« Kembali | Kirim | Versi cetak