Syawalan Warga Perumahan Griya Binangun Asri Sekaligus Pamitan Haji

Minggu, 1 Juli 2018 22:18:05 - Oleh : @ryotrantib

Dusun Dayakan Desa Pengasih

Giat Lomba Desa/Kelurahan Tangguh Bencana

Brosing ( Obrolan Siang) Siaran Langsung Radio Megaswara 93,8 FM Dalam Rangka Pengembangan Cagar Bud

Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Sekretaris Desa Pengasih Kecamatan Pengasih

Peresmian Rumah Data Kependudukan Kampung KB Dusun Ngramang

Musyawarah Desa Sendangsari Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu Dsa Sendangsari Kecamatan Pengasih

   Pengasih(kecpengasih)--Minggu(01-07-2018), Masyarakat Jawa gemar mengungkapkan gambaran keyakinan dan kepercayaan melalui simbol-simbol serta upacara-upacara dalam pelaksanaannya. Tradisi syawalan dikenali oleh masyarakat Jawa sebagai rangkaian dari tradisi keagamaan karena dilekatkan pada pelaksanaannya seminggu atau dalam bulan syawal setelah Hari Raya Idhul Fitri dilaksanakan.   

  Syawalan untuk merekatkan persatuan dan kesatuan serta mendorong untuk jujur. Adanya kerelaan untuk saling memaafkan, mengakui kesalahan serta meminta maaf. 

  Kejujuran dan kerelaan hati merupakan terapi psikologis yang sangat ampuh bagi setiap orang, pasalnya dengan lepas dan hilangnya dosa-dosa orang akan merasa damai, tenang serta tentram.  

  Bulan Ramadhan telah berlalu, bulan syawal telah tiba, momen halal bihalal menjadi rutinitas serta wajib bagi orang Islam sebagai pengingat bahwasanya manusia tidak luput dari dosa. Begitu juga dengan syawalan warga Perumahan Griya Binangun Asri Pedusunan Dayakan Desa Pengasih Kecamatan Pengasih 1439 H yang dibarengi dengan pamitan haji salah satu warga perumahan tersebut.  

   Syawalan sekaligus Pamitan Haji Warga Perumahan Griya Binangun Asri Pedusunan Dayakan Desa Pengasih Kecamatan Pengasih. Dalam acara tersebut dihadir oleh Camat Pengasih(Ir.Hj Aspiyah, M. Si),  Dukuh Pedusunan Dayakan Desa Pengasih, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Warga Perumahan Griya Binangun Asri.    

  Dalam acara syawalan warga Perumahan Griya Binangun Asri diselenggarakan dikomplek Lapangan perumahan masjid Al-Muhatadin Perumahan Griya Bunangun Asri Pedusunan Dayakan Desa Pengasih Kecamatan Pengasih serta diselenggarakan secara sederhana.    

  Acara diawali dengan membaca tilawah Al Qur’an serta dilanjutkan ucapan selamat datang dan Pamitan dari Bapak / Ibu Calon Haji.  Setelah acara tersebut usai dilanjutkan dengan ikrar syawalan yang dipimpin oleh Rois Pedusunan Dayakan Desa Pengasih Kecamatan Pengasih yakni H. Paidi serta Tausyah langsung dibawakan oleh Camat Kecamatan Pengasih (Ir. H. Aspiyah, M. Si).    

  "Syawalan adalah merupakan tradisi Indonesia yang bagus sehingga bisa dilestarikan sebagai ajang mempererat tali silaturrahim warga dan saling memaafkan tidak memandang tidak memandang latar belakang Agama, Suku,  Ras, Status Sosial dan lain lain.  Syawalan juga harus dijadikan sebagai mementum untuk peningkatan kualitas diri manusia dengan meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT serta meningkatkan akhlak kepada sesama. Bagi bapak maupun ibu yang berpamitan haji saya berpesan agar bapak maupun ibu yang mau berangkat ibadah supaya melakukan beberapa hal diantara : 1. Bertaubat kepada Allah SWT serta memohon ampunan atas dosa dan kesalahan yang dilakukan selama ini agar saat berhaji dalam keadaan fitroh suci dari semua dosa. 2. Memohon maaf kepada sesama khususnya tetangga sekalian berpamitan serta mohon doa restu agar supaya ibadahnya lancar, tetap diberi kesehatan serta keselamatan sehingga pulang bisa mendapatkan predikat haji mabrur. 3. Meluruskan niat bahwa beribadah haji semata mata hanya untuk memenuhi panggilan Allah SWT serta mencari Ridlo NYA. 4. Menyiapkan bekal berupa biaya perjalanan,  pakaian, makanan,  dan lain lain. Dalam beribadah haji bekal yang penting adalah bekal taqwa sehingga seluruh ibadah bisa dijalankan dengan sempurna serta tertib sehingga nantinya menjadi haji mabrur," isi tausyah Camat Pengasih (Ir. Hj. Aspiyah, M.Si).   

  Acara Syawalan Warga Perumahan Griya Binangun Asri Sekaligus Pamitan Haji diakhiri dengan doa bersama dipimpin oleh Rois Pedusunan Dayakan Desa Pengasih Kecamatan Pengasih. 

« Kembali | Kirim | Versi cetak