Dalam Rangka Memeriahkan HUT RI ke 72 Pemerintah Kecamatan Pengasih Menyelenggarakan Festival Hadroh

Sabtu, 2 September 2017 14:31:31 - Oleh : @ryotrantib

Pendopo Kecamatan Pengasih

Pembinaan Dalam Rangka Pencegahan, Pengawasan dan Penanganan Permasalahan Dana Desa

Kabupaten Kulonprogo TOP (Tlaten, Open, Panen)

Modus Pencurian Dengan Memecah Kaca Mobil dan Uang 300 Juta Raib

Maling Gasak Motor dan Uang Tunai

Polsek Pengasih Bersama Warga Singkirkan Pohon Tumbang Melintang Di Jalan

    Pengasih (kecpengasih.com)--Hadroh adalah musik yang bernafaskan Islami yakni dengan melantunkan Sholawat Nabi diiringi dengan alat tabuhan dan alata tabuhan tertentu. Hadro masuk ke Bangsa Indonesia diperkirakan sudah agak lama dan dibawa oleh pedagang-pedagang Arab ke Tanah Melayu setelah agak lama di Melayu kemudian tersebarlah ke penjuru Nusantara dengan dibawa pedagang-pedagang Arab dan Melayu serta diperkirakan pada abad 18. Musik Hadroh biasanya terdiri dari 5 tokkang tabuh, 15 tokkang rodhat dan 16 tokkang shap.

    Jumat (25-08-2017) pukul 19.30 WIB telah berlangsung Festival hadroh yang pertama kali di gedung Pendopo Kecamatan Pengasih dalam rangka memeriahkan dan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 tahun 2017. Dihadir oleh Camat beserta staf Kecamatan Pengasih, Bpk Kabul (Ketua Panitia Hari Besar Nasional Kecamatan Pengasih), Polsek Pengasih, Koramil Pengasih, KUA Pengasih, PLKB Pengasih, UPK Pengasih, UPTD PAUD dan DIKDAS Kecamatan pengasih dan Peserta Hadroh.

   " Festival Hadroh di Kecamatan Pengasih merupakan festival yang pertama kali diadakannya dan semoga festival hadroh ini bisa dilaksanakan setiap tahun sekali serta festival hadroh ini selain untuk memeriahkan dan memperingati HUT RI juga untuk memperat tali silaturrahmi kepada warga masyarakat Kecamatan Pengasih. Dalam Festival hadroh ini diikuti oleh 5 grup hadroh," ucap Bapak Santoso, SIP, M.Si ( Camat Kecamatan Pengasih).

   Usai memberikan sambutan Bpaka Santoso, SIP, M.Si (Camata Kecamatan Pengasih) lalu secara simbolis membuka festival hadroh tersebut.

   Kegiatan Festival Hadroh yang diselenggarakan Pemerintaha Kecamatan Pengasih Tahun 2017 selesai pada pukul 23.00 WIB dan pemenang langsung diumumkan. Adapu hasil dari Festival Hadroh Pemerintah Kecamatan Pengasih sebagai beriku : Juara I : Grup Hadroh Aleman dari MAN 2 Wates, Juara II : Grup Hadroh dari Desa Sidomulyo, Juara III : Grup Hadroh dari Donomulyo Nanggulan.

« Kembali | Kirim | Versi cetak