Rapat Koordinasi Pemantapan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Tahun 2017

Jum`at, 4 Agustus 2017 16:20:20 - Oleh : @ryotrantib

Gedung Pendopo Kecamatan Pengasih

Safari Jumat Tingkat Kabupaten

Malam Tirakatan Dalam Rangka HUT Kemerdekaan RI ke 72 Tahun 2017

Upacara Peringatan Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Sosialisasi Kampung KB

Kontingen Kecamatan Pengasih Kembali Meraih Juara

   Pengasih(kecpengasih.com)--Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) adalah merupakan pajak Negara yang dikenakan terhadap Bumi ataupun Bangunan yang berdasarkan Undang-Undang No 12 Tahun 1985 tentang pajak Bumi dan Bangunan sebagaimana telah dirubah dengan Undang-Undang No 12 Tahun 1994. Serta Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) adalah pajak yang dipungut atas tanah dan bangunan karena adanya keuntungan dan ataupun kedudukan sosial ekonomi yang lebih baik bagi orang atau badan yang mempunyai suatu hak atasnya atau memperoleh manfaat daripadanya.

    Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) merupakan pajak yang bersifat kebendaan dalam arti besarnya pajak terutang ditentukan oleh objek pajak yakni Bumi dan Bangunan. Keadaan subjek (siapa yang membayar) tidak ikut menentukan jumlah pajak yang terutang.

   Dasar Hukum Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) adalah Pasal 33 ayat (3) Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 yang berbunyi," Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan sebesar besarnya untuk kemakmuran rakyat". Dasar hukum pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan pasal 23 ayat 2 yang berbunyi ,"Segala pajak untuk keperluan Negara berdasarkan Undang-Undang".

   Jumat (04-08-2017) pukul 13.30 WIB gedung Pendopo Kecamatan Pengasih diadakan Rapat Koordinasi Pemantapan Pajak Bumi dan Bangunan se Kecamatan Pengasih. Dalam acara tesebut dipimpin oleh Drs Untung Subagiya (Sekcam Kecamatan Pengasih) dan dihadiri o;eh dukuh dukuh seKecamatan Pengasih.

   Dalam rangka mensukseskan program Kerja 100 Hari Bupati Kabupaten Kulonprogo setiap OPD dan Kecamatan se Kabupaten Kulonprogo akan dilakukan fakta integritas, sementara itu pencapaian hasil Pajak Bumi dan Bangunan wilayah Pemerintahan Kecamatan Pengasih sampai per 1 Agustus 2017 mencapai 50%. Pencapaian PBB di Pemerintahan Desa yang sudah ada diatas 50 % agar dipertahankan dan yang belum mencapai 50% agar lebih digiatkan lagi. Ketika menerima SPPT dan disampaikan ke penerimanya perlu adanya pemantauan oleh perangkat desa maupun dukuh agar bisa terpenuhi targetnya.

   Dengan diadakannya Rapat Koordinasi Pemantapan Pajak Bumi dan Bangunan ini, Pemerintah Kecamatan Pengasih berharap masing-masing Desa bisa memenuhi target dalam pembayarannya tepat waktu, sehingga bisa mensukseskan Program Kerja 100 Hari Bupati Kabupaten Kulonprogo tahun 2017.

« Kembali | Kirim | Versi cetak