Pemerintah Kecamatan Mengadakan Pembinaan Koperasi

Sabtu, 29 Juli 2017 22:00:10 - Oleh : @ryotrantib

Pendopo Kecamatan Pengasih

Safari Jumat Tingkat Kabupaten

Malam Tirakatan Dalam Rangka HUT Kemerdekaan RI ke 72 Tahun 2017

Upacara Peringatan Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Sosialisasi Kampung KB

Kontingen Kecamatan Pengasih Kembali Meraih Juara

     Pengasih (kecpengasih.com)--Koperasi adalah merupakan badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan. Koperasi memperoleh status badan hukum setelah akta pendiriannya disahkan oleh Pemerintah.

     Dalam rangka pengembangan sumber daya manusia, koperasi dapat menempuh pendekatan struktural maupun kultural. Pendekatan struktural merupakan cara pengembangan SDM Koperasi sebagai lembaga ekonomi dimana pelatihan dan pembinaan harus benar-benar efektif. Pendekatan kultural lebih banyak menyoroti SDM Koperasi dari sisi anggota dan masyarakat serta lingkungannya.

   Guna penguatan Perkoperasian dan untuk menciptakan pengelolaan yang handal di lingkungan Pemerintah Kecamatan Pengasih, Kamis (27-07-2017) pukul 09.00 WIB di gedung Pendopo Kecamatan Pengasih berlangsung acara Pembinaan Koperasi dengan menghadirkan Narasumber dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kulonprogo serta dihadiri oleh 7 koperasi yang ada diwilayah Kecamatan Pengasih.

    "Koperasi bertujuan untuk memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Koperasi juga berperan aktif ikut membangun tatanan perekonomian Nasioanal dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Keabsahan anggota koperasi dibuktikan dengan pencatatan dalam buku daftar angota masing-masing dalam koperasi serta membubuhkan tanda tangan dan cap jempol ibu jari. Bentuk koperasi dibagi menjadi dua yakni koperasi primer dan koperasi sekunder. Koperasi Primer adalah koperasi yang didirikan oleh dan beranggotakan orang seorang dengan jumlah minimal 20 orang dan koperasi sekunder adalah koperasi yang didirikan oleh dan beranggotakan koperasi primer dan atau koperasi sekunder berjumlah minimla 3 koperasi. Koperasi berperan utama dalam segala bidang kehidupan ekonomi rakyat,'' ucap narasumber Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kulonprogo.

    Bangsa Indonesia telah memiliki pengalaman panjang dalam membangun koperasi. Dalam proses pembangunan kopertasi yang berlangsung dari tahun ketahun merupakan perjuangan bangsa untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur. Koperasi yang berada diwilayah Kecamatan Pengasih berjumlah 7 koperasi.

« Kembali | Kirim | Versi cetak