18 Mahasiswa KKN-PPL UNY Angkatan 2010, Akan Bertugas di desa Serang, Sendangsari

Kamis, 18 Juli 2013 14:21:59 - Oleh : subbag umum
 

Hari ini (Kamis, 18 Juli 2013_red), 18 Mahasiswa KKN-PPL UNY Angkatan 2010, dengan diantar oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Drs. Suhadi, M. Pd. melakukan pertemuan dengan Pemerintah Kecamatan Pengasih. Camat Pengasih, Santoso,SIP., MSi. didampingi Kasi Dikbud Kecamatan Pengasih, Drs. Abdul Kahar, MSi. menerima rombongan UNY di Pendopo Kecamatan Pengasih.

Suhadi, selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari para mahasiswa KKN menyampaikan bahwa jumlah mahasiswa yang diterjunkan ke wilayah Kecamatan Pengasih berjumlah 18 orang, terdiri dari Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika (2), Pendidikan Geografi (2), Pendidikan Kimia (2), Pendidikan Akuntansi (2), Pendidikan Sosiologi (2), Pendidikan Sejarah (2), Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2), Pendidikan Bahasa Inggris (2) dan Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman (2). "Sebenarnya surat perintah dari Kampus untuk mahasiswa ini mulai tanggal 2 Juli sampai tanggal 15 September 2013, tetapi karena sebagian waktu digunakan untuk observasi dan penyusunan program, sehingga secara efektif, mahasiswa akan terjun ke masyarakat mulai tanggal 20 Juli 2013" Suhadi menjelaskan.

Camat Pengasih, dalam sambutannya menyampaikan pesan, bahwa sebagai mahasiswa yang berlatar belakang kependidikan, maka harus menunjukkan pribadi sebagai seorang calon pendidik. "Saudara semua adalah calon guru, yang harus bisa "digugu dan di tiru"" Santoso, menegaskan. Mahasiswa yang akan bertugas dan terjun di masyarakat Pedukuhan Serang, Sendangsari, diharapkan oleh Camat Pengasih agar mampu menumbuhkan semangat swadaya masyarakat. "Silahkan kerja sama dengan lembaga yang sudah ada, tidak harus membentuk lembaga baru" Santoso menambahkan.

Muya Farizta Aviseana, Ketua Kelompok KKN-PPL UNY Angkatan 2010, menyampaikan ada 5 (lima) program utama yang akan dilaksanakan di Pedukuhan Serang, Sendangsari, Pengasih :

1. Pendampingan belajar untuk pelajar dari jenjang SD - SLTA;

2. Penambahan bahan ajar PAUD;

3. Pendampingan kegiatan PAUD;

4. Program Pendampingan TPA (Taman Pendidikan Al Quran);

5. Program pendampingan kegiatan pembangunan fisik lingkungan

"Kami akan bekerja sama dengan Karang Taruna dan Lembaga Pedukuhan yang lain untuk pelaksanaan program-program kami", Muya menambahkan. (EDO)

« Kembali | Kirim | Versi cetak